Warga BBS 3 Swadaya Bentuk Kawasan Siaga Covid-19

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 28 April 2020 - 19:00:57 WIB   |  dibaca: 1509 kali
Warga BBS 3 Swadaya Bentuk Kawasan Siaga Covid-19

URI MASYHURI/BANTEN RAYA - KAWASAN SIAGA : Camat CIlegon Idad Zaldad dan Tokoh Masyakarat Hamid bersama warga menjalankan protokoler kawasan siaga covid - 19, Senin (27/4).

CILEGON, BANTEN RAYA – Warga RT 20/09 Komplek Bukit Baja Sejahtera (BBS) 3, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon secara swadaya membentuk Kawasan Siaga Covid-19. Hal itu dibentuk untuk melindungi warganya dan memutus mata rantai penyebaran virus korona di Kota Cilegon.

Ketua RT 20, Yayat Surya Hidayat menjelaskan, dijadikannya pemukiman warganya sebagai kawasan siaga Covid-19 merupakan bentuk merealisasikan tujuan pemerintah, kepolisian dan TNI dalam mencegah penyebaran virus korona.

Pembentukan kawasan siaga Covid-19 itu hasil swadaya warga, diantaranya menggunakan protokoler penanganan virus korona, seperti membentuk relawan yang bertugas menjaga dan mencatat keluar masuk warga, khususnya warga luar, dan menyiapkan wastafel di gerbang masuk komplek.

“Ini merupakan hasil swdaya warga bersama tokoh masyarakat dan ulama membantu pemerintah dalam merealisasikan kawasan siaga covid-19, ini bersama-sama untuk mencegah,” katanya kepada Banten Raya, Senin (27/4).

Yayat menjelaskan, sesuai protokoler penanganan Covid-19, setiap orang yang masuk dicek suhu tubuhnya, mendata identitasnya, menyampaikan imbauan, kedua tangannya disemprot hand sanitizer dan kendaraan disemprot dengan cairan disinfektan. “Kami lakukan sesuai dengan protokol pencegahan korona yang ada di gugus tugas. Kami harap ini bisa mencegahnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat RT 20/09 Komplek BBS 3 Hamid mengungkapkan, pihaknya berharap dengan semua protokol Covid-19 itu kawasannya menjadi daerah yang bebas dari virus korona. 

Ia juga berharap, upaya yang dilakukan warganya itu bisa ditiru oleh wilayah lainnya. “Ini berkat kebersamaan dan swadaya yang dilakukan. Kami harap ini menjadi percontohan untuk wilayah lain juga,” ungkapnya.

Camat Cilegon Idad Zaldad menyatakan, pihaknya mengapresiasi yang dilakukan oleh warga Komplek BBS3 yang membentuk kawasan siaga covid – 19. Diharapkan dengan adanya kawasan mandiri tersebut bisa memutus mata rantai virus korona. “Kami harap ini bisa berjalan maksimal, dimana semua prosedur digunakan. Ini ikhtiar yang baik yang diharapkan bisa diikuti oleh semua lingkungan,” pungkasnya. (uri)


 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook