40 Pasutri Berebut Adopsi Bayi yang Dibuang

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 05 Mei 2020 - 20:24:47 WIB   |  dibaca: 130 kali
40 Pasutri Berebut Adopsi Bayi yang Dibuang

CILEGON, BANTEN RAYA - Sebanyak 40 pasangan suami istri (Pasutri) berminat mengadopsi bayi perempuan yang dibuang di Masjid Jabal Nur, Perumahan Palm Hills, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon. Bayi perempuan yang diperkirakan berusia sekitar satu bulan ini ditemukan oleh marbot masjid bernama Udin pada Senin (4/5) pukul 03.00 WIB.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia pada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon Irma Syafiyanti mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi penemuan bayi dari Kelurahan Kotabumi. Kemudian, sekitar pukul 09.00 WIB pihaknya ke lokasi. “Kita bawa ke Klinik Tri Husada di Purwakarta, terus setelah kondisi baik kita bawa ke Rumah Singgah di Cikerai,” kata Irma kepada Banten Raya.

Irma menuturkan, bayi tersebut memunyai ciri-ciri rambut hitam tebal dan agak ikal. Berat badan 4.700 gram, panjang bayi 54 centimeter, dan tali pusar sudah terputus.  “Kita juga cek suhu tubuh saat di klinik suhunya 36 derajat celcius, karena kita khawatir juga sekarang lagi banyak virus (Korona) takutnya ditelantarkannya juga karena ada sakit atau apa,” ujarnya.
Irma menambahkan, saat ini bayi sudah berada di Rumah Singgah Dinsos di Cikerai. Menurut dia, sudah ada sekitar 40 orang keluarga yang ingin mengadopsi bayi tersebut. 

“Nanti kita akan proses adopsi, ketika penyelidikan oleh kepolisian dinyatakan selesai. Proses adopsi juga ada mekanismenya, ada daftar tunggunya, dan kita survei secara ekonomi dan yang lainnya,” terangnya. 

Sementara itu, Lurah Kotabumi Muhriji menceritakan, bayi perempuan itu pertama kali ditemukan oleh marbot Masjid Jabal Nur di Perumahan Palm Hills, Cilegon. Bayi ditemukan sekitar pukul 03.00 WIB saat marbot masjid tersebut hendak membangunkan sahur warga dari masjid. “Ditemukanya sekitar jam 03.00 WIB sama marbot masjid. Terus marbot masjid itu ngasih tahu ke orang-orang di sekitar masjid, ramai warga situ (Palm Hills) pada keluar,” kata Muhriji kepada awak media, kemarin pagi.

Muhriji menerangkan, setelah ramai-ramai warga mengerubungi bayi tersebut, kemudian Ketua RT setempat menghubungi pihak kelurahan, kemudian bayi tersebut dibawa ke sebuah klinik untuk diperiksa kesehatannya. “Jam 08.00 WIB pagi kita bawa ke sebuah klinik di Purwakarta, setelah dicek kondisinya baik. Diperkirakan usia sekitar satu bulan. Kemudian kita serahkan ke Dinsos (Dinas Sosial) Cilegon,” kata Muhriji.

Menurut Muhriji, beberapa orang di Palm Hills menyebut jika sekitar pukul 03.00 WIB ada sebuah mobil yang berhenti di sekitar masjid. “Infonya dari warga ada mobil di sekitar masjid. Itu saat ini sedang ditangani Polsek Pulomerak, kita sudah sampaikan penemuan bayi ke Polsek Pulomerak untuk mencari orangtua bayi atau yang menelantarkan bayi tersebut,” katanya. (gillang)

Tabel

Ciri-ciri bayi

-Jenis Kelamin 
Perempuan

-Usia
Sekitar 1 bulan

-Kulit 
Putih

-Rambut 
hitam tebal dan agak ikal

-Berat badan 
4.700 gram

-Panjang 
54 centimeter

Bayi perempuan yang ditemukan di Perumahan Palm Hills, Kotabumi, Purwakarta, Cilegon, Senin (4/5).
   Ainul Gillang / Banten Raya

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook