Tips Tetap Bugar Bagi Atlet Selama Ramadhan 

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Selasa, 05 Mei 2020 - 20:41:23 WIB   |  dibaca: 140 kali
Tips Tetap Bugar Bagi Atlet Selama Ramadhan 

basyar/bantenraya - JAGA STAMINA : Atlet berlatih rutin untuk menjaga stamina dan fisiknya agar semakin bugar.

Selama bulan Ramadan banyak atlet yang menjalankan ibadah puasa dan tetap berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi PON Papua tahun depan. Agar Stamina terjaga diharapkan atlet dan pelaku olahraga diminta untuk menjaga pola makan selama bulan puasa Ramadan. Sebab, jika pola maka tidak dijaga, akan berdampak pada kondisi tubuh.

BASYAR – KOTA SERANG 

Salah satu dokter di Banten yaitu Dendi kepada awak media, menyampaikan, ada beberapa hal yang bisa menjaga kondisi tubuh para pelaku olahraga selama bulan Ramadan, di antaranya menjaga pola makan. “Menjaga pola makan di sini, adalah mengkonsumsi makanan yang segar dan menghindari gorengan. Sebab, gorengan berisi kandungan garam yang tinggi dan rempah, sehingga bisa menimbulkan rasa haus berlebih," bebernya.

Ia juga menyampaikan, apabila mengkonsumsi gorengan dalam porsi yang berlebih, diperlukan asupan air minum yang banyak pula, setidaknya sebanyak delapan gelas atau dua liter. “Pokoknya, dari waktu berbuka hingga sahur, diperbanyak pula minum air putih, karena akan bermanfaat untuk proses pembuangan racun dalam tubuh. Apalagi atlet itu kan sering berkeringat,” sambung dia.

Selain menghindari gorengan, ia juga menyarankan untuk menghindari pula makanan-makanan instan. Seperti mie, sebab kandungan gulanya cukup tinggi. “Selain makanan instan, juga kiranya mengurangi sayuran yang mengandung gas, seperti kubis,” ujarnya.

Pihaknya juga menganjurkan, agar atlet memperhatikan waktu dan lokasi olahraga, terlebih saat ini sedang pandemi virus korona. “Waktu latihan bisa dilakukan mendekati waktu berbuka puasa, dengan porsi latihan separuh dari biasanya. Setelah berbuka puasanya juga bagus, dengan catatan asupan saat berbuka tidak berlebihan,” jelasnya.

Selain itu, olahraga yang baik saat pandemi Covid-19, salah satunya dapat dilakukan di ruangan tidak banyak orang, seperti boxing dengan alat atau melakukan yoga, senam aerobik, push up, kardio, yang tentunya bisa dilakukan dirumah. Jika terpaksa berolahraga di luar ruangan, lanjut Dendi, hal pertama yang dilakukan yaitu memastikan wilayah tersebut tidak termasuk zona merah.

"Yang penting selalu menerapkan protokol kesehatan dengan jaga jarak, dan hindari menyentuh benda-benda sekitar. Sementara itu, untuk tips olahraga saat Ramadan, tetap kenali tubuh kita sendiri jangan sampai berlebihan porsinya. Tetap kenali dan lakukan dengan intesitas ringan sampai sedang 45-60 menit saja,” tutupnya. (***)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook