Bawang Merah & Sayur Merangkak Naik

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Minggu, 10 Mei 2020 - 20:48:10 WIB   |  dibaca: 176 kali
Bawang Merah & Sayur Merangkak Naik

Muhaemin/Banten Raya - HARGA BAWANG MERAH NAIK: Harga bawang merah di Pasar Pandeglang mengalami kenaikan.

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Pandemi Covid-19  membuat sejumlah komoditas kebutuhan pokok dan sayur mayur khususnya di Pasar Badak Pandeglang mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga ini juga dikarenakan meningkatkan kebutuhan pokok warga dan dua pekan jelang Idul Fitri 1441 H.

Bebarapa komoditas kebutuhan pokok yang naik tajam adalah bawang merah yang biasa dijual pedagang Rp 25 ribu per kilo gram pekan ini naik jadi Rp 48 ribu per kilogram. Kenaikan harga juga terjadi di komoditas minyak goreng yang tadinya Rp 10 ribu per kilogran kini naik menjadi Rp12 ribu per kilogram. Sayuran jenis kol juga naik signifikan, yang sebelumnya Rp 70 ribu menjadi Rp120 ribu per kantung plastik dengab berat kurang lebih 10 kg.

Kendati rata-rata naik, beberapa jenis barang kebutuhan pokok turun harga seperti telur ayam yang tadinya Rp 28 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram, bawang putih harganya turun dari Rp 60 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram, serta cabai merah, cabai rawit harganya juga relatif turun.

Seorang pedagang sayur Julaeha mengakui kenaikan harga bawang merah cukup tinggi. Kata dia, kenaikan harga bawang merah terjadi sejak sebelum Ramadan, tepatnya saat pandemi covid-19 mulai masuk ke Indonesia. “Harga bawang merah sampai sekarang masih tinggi. Kemungkinan besar hingga menjelang Lebaran, mungkin karena dampak pandemi covid-19,” ungkapnya, Kamis (7/5).

Dikatakannya, untuk saat ini harga kebutuhan pokok tidak stabil. Ada yang turun drastis seperti harga cabai bahkan ada juga yang harganya naik signifikan. “Ada juga sebagian jenis barang kebutuhan pokok yang sulit didapat. Seperti santan, selain harganya naik barangnya juga langka,” katanya.

Seorang pengunjung pasar badak, Nursiah mengaku terasa terbebani dengan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok. Seperti bawang merah yang setiap harinya dibutuhkan untuk memasak, harganya melonjak cukup tinggi. Dia berharap pemerintah bisa menekan harga kebutuhan pokok di pasaran. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat yang saat ini sedang merosot. “Jangan sampai rakyat kecil seperti kami kesulitan, kami minta pemerintah bisa menekan harga kebutuhan pokok itu,” harapnya. (muhaemin)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook