Pemudik ke Sumatera Masih Tinggi

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Minggu, 10 Mei 2020 - 21:28:25 WIB   |  dibaca: 109 kali
Pemudik ke Sumatera Masih Tinggi

DARI HUMAS UNTUK BANTEN RAYA - PEMERIKSAAN: Polisi melakukan pemeriksaan kendaraan dari arah Tangerang yang hendak memasuki wilayah Serang, Jumat (8/5).

SERANG, BANTEN RAYA- Jumlah pemudik luar daerah yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera tergolong masih tinggi. Data terbaru hingga Kamis (8/5), sebanyak 252 kendaraan di putar balik oleh petugas Ditlantas Polda Banten. Sebelumnya, Ditlantas Polda Banten telah memutar balik 3.413 kendaraan sejak 24 April hingga 4 Mei 2020.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo mengatakan pihaknya telah memutar balik 252 kendaraan warga sebagai tindak lanjut larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Sebanyak 15 check point tersebar di wilayah Banten.

"Untuk jumlah kendaraan mudik yang diputarbalikan tercatat sebanyak 252 unit yang meliputi kendaraan umum 4 unit, kendaraan pribadi 144 unit, kendaraan sepeda motor 104 unit," katanya kepada Banten Raya, Jumat (9/5).

Wibowo menambahkan, untuk angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Banten selama pelaksanaan Operasi Ketupat Kalimaya 2020, sebanyak 4 kali kejadian, dengan korban luka berat 4 orang dan luka ringan 3 orang.

"Hasil Operasi Ketupat Kalimaya di hari ke 14, angka pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna lalu lintas menurun sampai 22 persen tercatat sebanyak 76, bagi pelanggar kami berikan teguran, tanpa ditilang," tambahnya.

Untuk lebih meminimalisasi kendaraan yang diputar balik, Wibowo mengaku akan terus mengajak masyarakat menahan diri agar tidak mudik di tengah situasi pandemi covid-19 yang saat ini terus berkembang. "Mengimbau tidak mudik, pakai masker, cuci tangan untuk memutus rantai penularan," pintanya.

Untuk diketahui sepanjang operasi ini, kepolisian akan menindak siapa pun yang nekat mudik dan menyeberang melalui Pelabuhan Merak atau masyarakat dari wilayah zona merah. Pengendara tersebut dipastikan akan diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan oleh tim gabungan, kemudian diminta untuk putar balik. Di Banten ada 15 check point yang memantau arus pemudik dari dan menuju Jakarta. Penyekatan dilakukan Tol Tangerang-Merak dan jalur arteri serta perbatasan Banten dan Jawa Barat. (darjat)

KENDARAAN YANG DIPUTAR BALIK
>Sejak 24 April hingga 4 Mei, sebanyak 3.413 kendaraan diputar balik
>Data terbaru pada Kamis (8/5), sebanyak 252 kendaraan diputar balik
>252 kendaraan yang diputar balik meliputi kendaraan umum 4 unit, kendaraan pribadi 144 unit, sepeda motor 104 unit
>Total cek poin di Banten berjumlah 15 titik, tersebar di Tol Tangerang-Merak dan jalur arteri serta perbatasan Banten dan Jawa Barat

SUMBER: Ditlantas Polda Banten.

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook