Bahaya, Tiga Titik Jalan Nasional Longsor

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 19 Mei 2020 - 15:01:18 WIB   |  dibaca: 189 kali
Bahaya, Tiga Titik Jalan Nasional Longsor

WASPADA LONGSOR : Separuh badan jalan nasional ruas Rangkasbitung-Bogor tepatnya di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, longsor, Senin (18/5).

LEBAK, BANTEN RAYA - Tiga titik jalan nasional ruas Rangkasbitung-Bogor tepatnya di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira amblas disertai tanah longsor akibat diguyur hujan deras akhir pekan lalu. Imbas dari longsor tersebut mengakibatkan akses jalan hanya bisa dilalui satu arah baik dari arah Bogor maupun Rangkasbitung.

"Area amblas dan longsoran tanah di tiga titik makin membesar hingga mengakibatkan jalan nasional hanya bisa dilewati satu jalur saja," kata Agil, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak kepada Banten Raya, Senin (18/5).

Agil mengatakan, selain amblas disertai longsoran tanah, akses jalan di ruas Rangkasbitung-Bogor juga mengalami retak-retak. Khususnya pas di Kampung Gardu Batok, Desa Sajira Mekar. "Kondisi jalan seperti itu karena banyak faktor. Selain dilintasi kendaraan melebihi tonase tapi memang kontur tanahnya yang labil karena memang berada di tepi jurang," katanya.

Kepala BPBD Lebak Kaprawi menuturkan, selain tiga titik jalan di ruas jalan nasional, jalan amblas dan longsor terjadi di ruas jalan Cipanas-Warungbanten. Selain jalan, sejumlah jembatan terputus."Bersyukur tidak ada korban jiwa hanya saja memang membuat aktivitas warga terganggu. Adapun untuk bantuan terus kita distribusikan untuk korban bencana,"katanya.

Kaprawi mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di bantaran sungai dan perbukitan agar selalu meningkatkan kewaspadaan meningat tingkat curah hujan masih tinggi. "Semoga tidak terjadi bencana susulan karena kasihan kepada masyarakat. Di tengah kondisi pandemi korona ini akan menambah beban masyarakat," katanya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.3 Penanganan Jalan Nasional Banten Sunarto menuturkan, jalan amblas dan longsor akan segera ditangani. "Namun berupa penanganan sementara. Supaya jalan gak lebih parah," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook