Jalan Amblas dan Longsor Diperbaiki

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 20 Mei 2020 - 14:05:27 WIB   |  dibaca: 41 kali
Jalan Amblas dan Longsor Diperbaiki

DIPERBAIKI: Sejumlah pekerja Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI tengah beristirahat di lokasi jalan longsor di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Selasa (19/5).

LEBAK, BANTEN RAYA- Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbaiki jalan nasional ruas Rangkasbitung-Bogor, di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira yang amblas disertai tanah longsor. Perbaikan jalan dilakukan di tiga titik terparah dan beberapa lokasi lain yang mengalami kerusakan karena dilintasi kendaraan bermuatan melebihi tonase.

"Perbaikan jalan amblas dan longsor oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI, bersifat penanganan sementara," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.3 Penanganan Jalan Nasional Banten Sunarto kepada Banten Raya, Selasa (19/5).

Sunarto menjelaskan, perbaikan dilakukan sementara karena tingkat kerusakannya cukup parah. Separuh bahu jalan ada yang amblas dan longsor. "Sehingga untuk perbaikan untuk sementara ini dulu karena menunggu desain. Adapun di lokasi jalan longsor diberlakukan buka tutup," katanya.

Buka tutup jalan diberlakukan karena separuh jalan sudah longsor. Jadinya hanya tersisa satu jalur."Untuk menghindari kemacetan dan kecelakaan kita siagakan orang di titik jalan longsor untuk mengatur buka tutup jalan," katanya.

Sunarto menjelaskan, pasca menerima laporan jalan amblas dan longsor pihaknya langsung bergegas ke lokasi untuk menerjunkan orang dan alat berat. "Jalan ini merupakan jalan utama sehingga harus cepat ditangani. Untuk kelancaran transportasi juga menjaga agar kerusakan tidak melebar hingga memutuskan akses jalan," katanya.

Sunarto meminta kepada pengguna jalan agar berhati-hati saat melintasinya lantaran beberapa titik longsor berada tepat di tikungan tajam. "Kurangi kecepatan ketika terlihat rambu peringatan ada perbaikan jalan, demi keselamatan bersama," katanya.

Endang Arfan warga Cipanas mengapresiasi perbaikan jalan amblas dan longsor. "Jangan sampai akses jalan putus. Kalau putus maka akan sangat menggangu aktivitas dan ekonomi warga karena ini merupakan jalur transportasi dan perekonomian warga," katanya.

Endang menambakan, seandainya akses jalan sampai terputus maka warga Cipanas yang mau melakukan perjalanan ke Pasar Rangkasbitung harus memutar arah lebih jauh. Yaitu menggunakan jalur alternatif ke Kecamatan Lebak Gedong. "Jarak tempuhnya bisa puluhan kilo. Tentunya membutuhkan biaya operasional BBM lebih besar dan juga lebih capek karena perjalanan lebih jauh," katanya. (purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook