Honorer Akhirnya Dapat THR

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 20 Mei 2020 - 15:26:35 WIB   |  dibaca: 272 kali
Honorer Akhirnya Dapat THR

SERANG, BANTEN RAYA - Pemprov Banten memastikan seluruh pegawai nonaparatur sipil negara (ASN) di lingkup kerjanya bakal mendapat tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 1441 hijriyah atau 2020 masehi. Dana tersebut akan didistribusikan pada pekan ini atau sebelum hari raya keagamaan umat Islam.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, saat ini THR sedang dalam proses pencairan. Adapun mereka yang mendapatkannya adalah ASN dan pegawai honorer. ASN sendiri dikecualikan untuk pejabat eselon I dan II."Ya Insya Allah sedang diproses. (THR untuk) ASN dan non ASN," ujarnya saat dihubungi wartawan, Selasa (19/5).

Mantan Kepala BPKAD Kabupaten Lebak itu menjelaskan, untuk pemenuhan THR tersebut pemprov menyiapkan anggaran senilai Rp81 miliar. Rinciannya, THR ASN sebesar Rp46 miliar dan non ASN Rp35 Miliar."Sekitar Rp81 miliar lebih. Itu sesuai PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pemberian THR Tahun 2020 kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil dan Penerima Pensiun dan Tunjangan," katanya.

Untuk pencairan, kata dia, THR akan dilakukan pada pekan ini atau sebelum Hari Raya Idul Fitri. Sementara untuk tunjangan kinerja (tukin) ASN Pemprov Banten untuk April akan menyusul dicairkan segera. "THR diupayakan sebelum lebaran," ungkapnya.Disinggung soal gaji guru honorer yang sebelumnya sempat dikeluhkan terlambat, Rina menegaskan hal itu telah ditunaikan oleh pemprov. "Sudah (dibayarkan-red)," tuturnya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Data Kepegawiaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Alfian mengatakan, dari arahan pemerintah pusat tak semua ASN mendapatkkan THR. Adapun siapa saja mereka mendapatannya adalah pejabat eselon III, IV, staf dan pegawai fungsional. "(Jumlah) guru honorer ada sekitar 15.000, di kita (perkantoran pemerintah) 6.000-an," ujarnya.

Berdasarkan data dari BKD Provinsi Banten, adapun jumlah AN di lingkup Pemprov Banten hingga pertengahan Maret berjumlah 9.881 orang.Terpisah, Ketua Umum Forum Pegawai Non PNS Non Kategori Provinsi Banten (FPNPB)  Rangga Husada membenarkan, pegawai non ASN Pemprov Banten bakal mendapatkan THR dari Pemprov Banten. "Iya  hari ini proses pengajuan SPM (surat perintah membayar). Paling cepat besok (hari ini-red) masuk, paling lambat Kamis. Iya benar infonya minggu ini cair," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, tenaga honorer di lingkungan Pemprov Banten tak akan mendapat THR Idul Fitri 1441 hijriyah atau 2020 masehi. Hal itu terjadi karena terbatasnya ketersediaan anggaran lantaran APBD Pemprov Banten terkuras untuk penanganan pandemi virus korona atau Covid-19. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook