Atlet Diminta Jaga Pola Makan Selama Libur Lebaran 

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Rabu, 20 Mei 2020 - 20:13:21 WIB   |  dibaca: 60 kali
Atlet Diminta Jaga Pola Makan Selama Libur Lebaran 

SERANG,BANTEN RAYA - Atlet yang merayakan libur Idul Fitri diminta untuk menjaga  pola makan. Diharapkan mengurangi makanan berlemak untuk menjaga kondisi fisik agar tidak menurun saat nantinya kembali berlatih usai menjalani libur lebaran. Untuk libur lebaran tahun ini atlet akan mendapat libur beberapa hari.

Pelatih Atletik PPLP Banten Wahyudi mengatakan pola makan juga mempengaruhi aktifitas berlatih. Jika sebelum lebaran atlet yang berlatih mandiri bisa menjaga kebugaran tubuh karena menjalani latihan yang telah di programkan, pada saat libur lebaran diharapkan atlet menjaga pola makan dan minimal berlatih sendiri untuk menjaga berat badan. "Biasanya hidangan lebaran bersantan dan berlemak. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap tubuh. Kalau saran saya setelah mengkonsumsi baiknya mereka melakukan olahraga ringan untuk mengurai lemak," ujarnya. 

Sebelum menjalani libur lebaran atlet memang telah berlatih mandiri di bawah pembinaan dirinya serta kontrol melaui media sosial. Selama libur lebaran ia juga terus melakukan kontrol agar kondisi kebugaran anak didiknya tidak turun drastis. "Saya berharap performa anak anak tidak turun drastis. Boleh menikmati libur lebaran tapi harus menjaga performa. Turun 20 sampai 30 persen wajar karena libur namun jangan terlalu drastis," jelasnya. Jika kondisi turun drastis maka untuk mengembalikan performa awal butuh waktu dan metode ketat.

Program latihan harus dimulai dari awal untuk mengembalikan kondisi fisik agar prima. Namun jika kondisi atlet tidak turun drastis maka tinggal menambah program berjalan sementara untuk fisik bisa mengikuti. "Kami juga berharap pendemi korona ini berakhir agar kami bisa mengikuti kejuaraan sebagai bahan evaluasi latihan," imbuhnya. Yang tidak kalah penting Yudi mengingatkan agar selama libur atletnya menjaga jarak serta tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah untuk menghindari tertular korona. Hal ini penting sebab biasanya saat lebaran banyak saudara atau tetangga datang. Silahturahmi ini bagus namun tetap menjalankan pola hidup bersih. (hendra)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook