Bappeda Desain Ulang Target OPD

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 27 Mei 2020 - 15:27:06 WIB   |  dibaca: 54 kali
Bappeda Desain Ulang Target OPD

PERKUAT KOMUNIKASI : Bagian Organisasi Pemkab Serang menggelar video konferensi bersama perwakilan OPD dengan Kemenpan-RB, di ruang rapat KH Syam’un, Pemkab Serang, belum lama ini.

SERANG, BANTEN RAYA - Refocusing atau pengalihan anggaran yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD-OPD) berdampak pada terealisasinya program-program kerja yang ada di OPD tersebut. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan mendesain ulang program-program yang ada di OPD dan memetakan kembali target-target yang akan dicapai oleh masing-masing OPD.

"Kita akan melakukan konsolidasi program ke seluruh OPD karena kan kita tiga kali sudah refocusing, jadi kemungkinan ada perubahan-perubahan besar terjadi. Banyak kegiatan yang dulu sudah kita tetapkan karena bencana Covid-19 semuanya menjadi berubah. Maka, kita akan mendesain ulang program yang ada di OPD-OPD," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang Rachmat Maulana, Selasa (26/5).

Ia menjelaskan, pihaknya juga akan mencoba memetakan kembali target-target yang akan dicapai oleh OPD dalam merealisasikan program kerjanya. "Targetnya mungkin sama tapi caranya saja yang berbeda. Contoh, Diskoperindag (dinas koperasi perindustrian dan perdagangan) pendekatan pembinaan UMKM (usaha mikro kecil menengah) seperti apa yang efektif yang bisa memberikan peluang bisnis yang bagus," katanya.

Rachmat menuturkan, konsolidasi juga dilakukan untuk mengetahui kegiatan apa saja yang sedang dilakukan dan yang akan dilakukan pada 2021 tahun depan. "Di 2021 ini kemungkinan juga cara kerja kita banyak yang berubah. Jadi enggak mungkin kita coba melihat di 2019 kemaren. 2019 kemaren cerminannya 2020, nah 2020 cerminannya buat 2021. Terus terang banyak hal yang harus kita pelajari terhadap perubahan di tengah pandemi ini," paparnya.

Dengan situasi yang ada saat ini, Rachmat mengatakan, OPD tidak bisa mempertahankan apa yang selama ini sudah coba dilakukan. "Intinya kita harus beradaptasi dengan kondisi yang ada. Kita sudah melakukan vidkon (video konferensi) dengan Kemenpan-RB dan kita diminta untuk memperbaiki beberapa item pada saat evaluasi Sakip (sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah)," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Pemkab Serang Farida mengatakan, terkait dengan Sakip Pemkab Serang yang telah mendapat nilai A tidak hanya sekedar nilai atau sekedar dokumen tapi lebih ke arah implementasi reformasi birokrasi itu sendiri. "Memang nilai Sakip kita sudah bagus tapi saya berharap teman-teman tidak jumawa dan terus meningkatkan kualitas Sakip kita. Karena kan kalau prestasi ini tidak dijaga bisa saja nilai Sakipnya turun," kata Farida. (tanjung/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook