Disdukcapil Terapkan Pelayanan Berbasis Online

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 29 Mei 2020 - 15:52:11 WIB   |  dibaca: 324 kali
Disdukcapil Terapkan Pelayanan Berbasis Online

URUS ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN : Petugas Satpol melayani warga yang mengurus administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Pandeglang, kemarin.

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang mulai memberlakukan sistem online bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk).

Kebijakan ini dikeluarkan untuk meminimalisir terjadinya penumpukan pemohon di loket pembuatan adminduk di tengah mewabahnya virus korona. Pantauan Banten Raya, beberapa warga masih ada yang mengurus adminduk, Rabu (28/5). Meski pelayanan tetap dibuka, para warga harus menunggu di pintu masuk kantor Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Pandeglang Mursidi mengatakan, pelayanan adminduk saat ini melalui online dalam rangka mencegah penyebaran virus korona. Meski masih banyak masyarakat yang datang ke kantor untuk mengurus adminduk. "Sekarang buat KTP, KK (kartu keluarga) melalui WhatsApp dan nanti akan melalui aplikasi. Memang masih ada saja warga yang datang ke kantor, tapi tetap kita layani dengan menerapkan jaga jarak agar terhindar dari Covid-19," kata Mursidi, ditemui di kantornya.

Menurutnya, pelayanan online mempermudah masyarakat karena tidak perlu datang ke Disdukcapil untuk mengurus dokumen adminduk. "Online ini cukup mudah karena masyarakat cukup mengirimkan dokumen adminduk yang akan diurus melalui WhatsApp operator kami. Setelah selesai akan dikirim melalui pos, karena kami sudah bekerjasama dengan kantor pos. Proses pembuatan adminduk melalui online ini membutuhkan waktu satu hari kerja," ujarnya.

Tidak hanya online, kata Mursidi, masyarakat bisa mengurus adminduk melalui kecamatan. "Memang baru tujuh kecamatan yang sudah membuka pelayanan adminduk, yakni Kecamatan Cadasari, Cimanuk, Menes, Bojong, Labuan, Panimbang dan Cibaliung. Kenapa baru tujuh kecamatan kita ingin menjangkau masyarakat yang belum mengurus adminduk. Mudah-mudahan kedepan semua kecamatan bisa diterapkan," terangnya.

Menurutnya, pelayanan Disdukcapil tetap buka meski adanya virus korona dengan menerapkan protokol kesehatan. "Jam kerja pegawai normal semua masuk meski ada aturan WFH (work from home), tapi kita sebagai pelayanan harus tetap bekerja untuk masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Asep warga Labuan mengatakan, sengaja datang ke kantor Disdukcapil untuk mengurus dokumen adminduk. "Ya, sekalian ke Pandeglang mau buat KTP," kata dia ditemui di kantor Disdukcapil. (yanadi/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook