KPU Siap Laksanakan Tahapan Pilkada

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 29 Mei 2020 - 15:53:29 WIB   |  dibaca: 138 kali
KPU Siap Laksanakan Tahapan Pilkada

RAPAT PERSIAPAN PILKADA : Ketua KPU Pandeglang Ahmad Sujai bersama jajarannya menggelar rapat internal persiapan Pilkada Pandeglang yang rencananya dihelat bulan Desember tahun ini.

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menyatakan siap melanjutkan tahapan Pilkada serentak yang ditunda akibat pandemik Covid-19. Namun demikian hingga Kamis (28/5), KPU daerah belum menerima perubahan PKPU tentang perubahan program dan jadwal pemilihan bupati dan wakil Bupati Pandeglang 2020.

"Pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri, KPU RI dan DPRD memang sudah setuju tahapan Pilkada dilanjutkan pada 9 Desember. Kami di daerah siap melaksanakan tahapan jika hasil rapat di pusat sudah dituangkan dalam perubahan PKPU," demikian kata Ketua KPU Pandeglang Ahmad Sujai usai rakoor internal membahas persiapan melanjutkan tahapan Pilkada, Kamis  (28/5).

Menurut Sujai, surat keputusan penundaan tahapan Pilkada diterbitkan KPU pusat pada 22 Maret 2020. Jika tahapan akan dilanjutkan maka harus ada payung hukum yang menjadi acuan daerah. "Intinya kami siap. Apalagi jika melihat situasi Pandeglang yang tidak masuk zona merah Covid-19. Namun demikian Pilkada dalam masa pandemik tetap wajib mengacu pada protokol kesehatan yang detilnya belum kami terima," tandasnya.

Adapun tahapan lanjutan Pilkada serentak sesuai rapat pemerintah pusat adalah 15 Juni. "Tahapan lanjutan salah satunya pelantikan PPS, verifikasi faktual bakal calon perseorangan, dan pembentukan petuas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Kita berdoa saja agar pandemik segera berakhir dan seluruh tahapan berjalan normal dan demokrasi terjamin," pungkasnya.

Komisioner KPU Pandeglang lainnya Ahmadi menyatakan, kalau Pilkada jadi digelar pada 9 Desember 2020, yang disiapkan oleh KPU daerah adalah revisi anggaran untuk pengadaan APD dan alat kesehatan pencegahan Covid-19 untuk penyelenggara Pemilu. "Rencananya  15 Juni 2020 kita akan aktifkan PPK dan lantik PPS, tentu kita juga masih menunggu PKPU RI sebagai acuan kita melangkah," jelas Ahmadi. (muhaemin/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook