BLT DD Rp70 Miliar Siap Disalurkan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 29 Mei 2020 - 16:00:01 WIB   |  dibaca: 204 kali
BLT DD Rp70 Miliar Siap Disalurkan

TERUS KOORDINASI : Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa bersama para kepala OPD menerima kunjungan anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten di ruang rapat KH. Syam’un, Pemkab Serang, Kamis (28/5).

SERANG, BANTEN RAYA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang memastikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk masyarakat yang terdampak penyebaran virus korona atau Covid-19 yang berasal dari anggaran dana desa (DD) akan disalurkan paling lambat pekan depan. Saat ini anggaran DD dari pemerintah pusat sudah ditransfer ke kas desa.

Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, saat ini anggaran DD untuk BLT sudah masuk ke masing-masing kas desa, tinggal menunggu kesiapan dari pihak desa untuk menyalurkan kepada penerimanya. "Total anggarannya sebesar Rp70.803.000.000," ujar Rudi saat menerima kunjungan kerja anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten di ruang rapat KH. Syam'un, Pemkab Serang, Kamis (28/5).

Ia menjelaskan, BLT DD baru bisa disalurkan setelah pihak desa membuat Peraturan Kepala Desa (Perkades) dan Peraturan Desa (Perdes) dan sudah diundangkan. "Informasi yang kami terima sudah ada 99 desa yang sudah siap menyalurkan BLTnya minggu depan. Sekarang pihak desa sedang mengurus berita acara dan administrasi lainnya. Total penerimanya se-Kabupaten Serang 39.335 orang," ujarnya.

Adapun mekanisme penyaluran BLT sendiri akan dilakukan secara door to door kepada para penerima yang sebelumnya sudah dilakukan pendataan. "Untuk tahap awal yang disalurkan sebesar Rp23.601.000.000.

Besaran BLT yang diterima Rp600.000 per bulan selama tiga bulan. Insya Allah untuk pendataan penerima dilakukan obyektif karena melibatkan Babinsa dan sudah ditetapkan melaui musdes (musyawarah desa) yang melibatkan tokoh masyarakat," tuturnya.

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten Ishak Sidik mengatakan, tujuan kunjungan kerja yang dilakukan ke Pemkab Serang untuk menyampaikan beberapa hal terkait dengan hasil monitoring yang dilakukan ke desa-desa dan kecamatan-kecamatan terkait dengan percepatan penanganan Covid-19. "Dari monitoring yang kita lakukan ada beberapa catatan yang perlu kami sampaikan berkaitan dengan penerima bantuan," kata Ishak.

Politisi PAN itu menuturkan, banyak desa yang menyampaikan jika para penerima bantuan tidak sesuai dengan data yang diajukan pihak desa ke dinas sosial (Dinsos). "Ada juga beberapa desa di kecamatan yang memang tidak keburu diusulkan untuk mendapat bantuan ke provinsi, hanya 14 kecamatan. Untuk pencairan bantuan dari provinsi insya Allah minggu depan dilaunching di Kecamatan Kibin. Mudah-mudahan Ibu Bupati (Rt Tatu Chasanah-red) bisa hadir," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengungkapkan, jumlah masyarakat Kabupaten Serang yang terdampak penyebaran Covid-19 yang sudah menerima dan akan menerima bantuan sebanyak 300 ribu kepala keluarga (KK). "Total yang dapat bantuan baik itu dari pusat, provinsi, maupun kabupaten sebanyak 300 KK. Untuk data yang baru masuk terus kita usulkan dan kita lakukan perbaikan-perbaikan," katanya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook