Ada Transmisi Lokal, Kota Serang Belum Bakal PSBB

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 02 Juni 2020 - 09:32:48 WIB   |  dibaca: 175 kali
Ada Transmisi Lokal, Kota Serang Belum Bakal PSBB

SERANG, BANTEN RAYA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Banten menegaskan penyebaran virus korona di Kota Serang kini mulai terjadi lewat transmisi lokal. Meski demikian, Ibukota Provinsi Banten itu belum bakal menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena belum memenuhi sejumlah kriteria untuk kebijakan tersebut.

Berdasarkan data yang dimiliki Pemprov Banten, Kota Serang kini ditandai dengan warna oranye yang menandakan sudah adanya transmisi lokal. Adapun jumlah kasus terkonfirmasi positif hingga kemarin berjumlah 11 yang terdiri atas 3 masih dirawat, 7 sembuh dan 1 dinyatakan meninggal dunia.

Sementara yang masuk zona kuning ada Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kota Cilegon. Untuk zona merah ada Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ati Pramudji Hastuti mengatakan, saat ini di Kota Serang sudah ditemukan kasus dengan transmisi lokal. Akan tetapi untuk saat ini Kota Serang belum mengarah ke PSBB.

"Harus lebih mendisiplinkan menggunakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas kegiatan," ujarnya, Selasa (2/6).

Ia menuturkan, untuk menerapkan PSBB minimal harus memenuhi tiga unsur. Pertama sebaran Kasus yang mulai meluas. Kedua, adanya transmisi lokal. Ketiga, tren kasus yang meningkat.

Sedangkan untuk pemberian warna oranye di peta sebaran Covid-19 pada Kota Serang dimaksudkan untuk penyesuaian penanganan. Menurutnya, kebanyakan daerah menggunakan standar zona hijau, kuning, oranye dan merah seperti yang digunakan negara lain.

"Untuk kriteria zona diserahkan kepada daerah dengan mengacu pada epidemiologi penyakit. Dimana kebijakan dan tindakan dalam penanganan covid disesuaikan dengan zona warnanya," katanya.

Adapun pengelompokkan zona warna diberikan berdasarkan sejumlah perimbangan. Zona Hijau merupakan daerah dengan tidak ada kasus positif. Zona kuning merupakan daerah yang ada kasus positif dan tren. Zona oranye ada kasus positif tren kasus meningkat dan mulai adanya transmisi lokal.

"Sementara zona merah adalah sebaran kasus meluas, tren kasus semakin meningkat dan transmisi lokal semakin meluas," tuturnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook