Tebing di TNGHS Longsor

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 02 Juni 2020 - 14:33:48 WIB   |  dibaca: 74 kali
Tebing di TNGHS Longsor

BERBAHAYA: Tebing di lahan milik TNGHS Cibobos, Cihara mengalami longsor, Minggu (30/5).

Tanah tebing setinggi 20 meter di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), di blok Cibobos, Kampung Cibedil, Desa Karang Kamulyan, Kecamatan Cihara, longsor, Minggu (30/5) sekira pukul 12.00. Akibat kondisi tersebut, sumber air di atas bukit tersebut tumpah serta menggenangi Jalan Raya Malingping-Cihara setinggi 25 centi meter (cm). Meski demikian, kendaraan tetap bisa melintasi meski harus tetap berhati-hati.

Mumu, warga Kampung Cibedil kepada Banten Raya mengatakan, sebelum longsor wilayah Cibobos diguyur hujan lebat. Beberapa menit seblum kejadian, hujan kembali mengguyur Cibobos dan sekitarnya.“Tepat pukul 12.00, tiba-tiba tebing di TNHGH Cibobos longsor. Aliran sumber air yang berada di atas tebing tumpah serta menggenangi ruas Jalan Raya Malingping-Cihara, hingga beberapa jam lamanya,” ujar Mumu, Senin (1/6).

Ditanya apakah ada korban jiwa, Mumum belum bisa menjawab. Sebab saat kejadian, mungkin ada saja pengendara sepeda motor yang melintasi jalan tersebut. “Hingga saat ini kami belum tahu apakah ada korban atau tidak, karena saat kejadian tidak ada warga yang melihatnya secara langsung,” katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana daetah (BPBD) Lebak Kaprawi membenarkan telah terjadi longsor pada tebing di wilayah TNGHS Cibobos, Cihara. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka hingga hari ini pihaknya menerjunkan tim relawan untuk tetap berada di sekitar Cibobos. “Kejadiannya pada Minggu (30/5) siang. Sekarang kondisinya sudah terbilang aman,” terang Kaprawi. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook