Pasang 4.000 Karung Pasir Cegah Rob

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 02 Juni 2020 - 14:43:09 WIB   |  dibaca: 86 kali
Pasang 4.000 Karung Pasir Cegah Rob

BUAT BENDUNGAN : Warga Kampung Muara Dua, Desa Cikiruh Wetan, Kecamatan Cikeusik bergotong royong membendung pesisir Pantai Muara menggunakan karung berisi pasir untuk mencegah rob, kemarin.

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Masyarakat Kampung Muara Dua, Desa Cikiruh Wetan, Kecamatan Cikeusik secara bergotong royong membendung pesisir Pantai Muara menggunakan karung berisi pasir, Sabtu (30/5). Karung penahan ombak tersebut guna mengatasi terjadinya banjir rob di wilayah setempat."Pembendungan air itu buat penahan air laut biar tidak banjir," kata Carno, tokoh masyarakat.

Dia mengatakan, karung yang digunakan berasal dari sumbangan warga setempat. "Karung yang digunakan untuk membendung berasal dari sumbangan pemilik tambak dan warga. Total karung yang digunakan sekitar 4 ribu. Memang karung buat bendungan ini masih kurang karena kami membutuhkan sekitar 15 ribu karung," terangnya.

Dijelaskannya, wilayahnya rawan diterjang banjir rob karena saat ini air laut sedang buruk. "Memang banjir rob ini kan musiman. Biasanya 5 tahun sekali. Tapi baru 4 tahun sudah ada banjir rob," jelasnya.

Dia berharap, karung berisi pasir dapat meminimalisir dampak terjadinya banjir rob. Dia khawatir, banjir rob dapat merendam permukiman warga. "Baru kemarin kampung kami kena banjir rob. Mudah-mudahan bisa menangkal banjir rob," jelasnya.

Ketua Taruna Siaga Bencana Pandeglang Ade Mulyana mengatakan, beberapa kecamatan di Pandeglang Selatan pada Senin (25/05) diterjang banjir rob pantai Selat Sunda akibat gelombang tinggi. Berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah perairan Selatan Banten adanya peringatan dini gelombang tinggi. "Berdasarkan informasi dari BMKG tinggi gelombang laut saat ini mencapai 2.50 meter sampai 4.0 meter," jelasnya.

Ade mengimbau masyarakat khususnya nelayan untuk mewaspadai gelombang laut tersebut. "Nelayan harus berhati-hati saat melaut. Kami imbau masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk tetap waspada," pesannya. (yanadi/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook