Nasib Kompetisi Sepakbola Banten Masih Buram

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Rabu, 03 Juni 2020 - 12:49:57 WIB   |  dibaca: 60 kali
Nasib Kompetisi Sepakbola Banten Masih Buram

KOMPETISI SEPAKBOLA BELUM JELAS : Tim Serang Jaya yang berlaga di Liga 3 berlatih beberapa waktu lalu. Untuk tahun ini belum ada keputusan apakah Liga 3 dipertandingkan atau tidak.

SERANG, BANTEN RAYA - Di tengah pandemi virus korona atau Covid-19, nasib kompetisi sepakbola musim 2020 di Banten masih di ambang ketidak pastian. Bahkan, Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Banten tak bisa berbicara banyak, hanya bisa menunggu arahan dari PSSI Pusat.

Kabarnya, jika PSSI Pusat menghentikan Liga 1 dan Liga 2, maka kemungkinan besar di daerah-daerah pun tidak ada kompetisi pada 2020 ini. Sebaliknya, jika PSSI melanjutkan kompetisi nasional, maka kemungkian untuk tetap diselenggarakannya kompetisi di daerah, termasuk Banten masih terbuka."Ya kita masih nunggu arahan dari PSSI Pusat.

Setelah ada arahan, diperbolehkan adanya kompetisi di daerah, kemudian kita koordinasikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Apakah Pemda mengizinkan atau tidak adanya kompetisi. Jika daerah tak mengizinkan, maka tidak bisa ada kompetisi," beber Sekretaris Umum Asprov PSSI Banten Suyono Wirangga kepada Banten Raya, kemarin.

Diketahui, cabang olahraga (cabor) sepakbola memang tidak pernah terpisahkan dari kerumunan, dan hal tersebut tidak dianjurkan pada masa pandemi Covid-19. Namun, pemerintah tengah mempersiapkan tatanan kehidupan baru, atau diistilahkan 'new normal' yang memungkinkan dibolehkan berkerumun dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Dengan demikian, kemungkinan lainnya masih bisa terjadi, untuk memastikan nasib kompetisi di daerah pada 2020, untuk tetap bisa digelar. Namun, Banten sendiri anggaran dari Pemerintah Provinsi Banten untuk Liga 3 dan Piala Soeratin Zona Banten sudah dialihkan untuk penanggulangan Covid-19 di wilayah Banten. Meski demikian, Asprov tak mempermasalahkan soal anggaran.

"Ya untuk anggaran sebetulnya hanya di tahun ini saja Pemprov Banten melalui Dispor Banten membantu Asprov PSSI Banten mendanai berjalannya Liga 3 dan Piala Soeratin Banten. Rencananya begitu, tapi kan gara-gara Covid-19, semua batal. Dan hal ini (bantuan pemprov), baru tahun ini saja, selebihnya pada tahun kemarin PSSI yang backup," jelas Suyono.

Lanjut dia, meski pos anggarannya tidak ada dari Pemprov Banten. Jadi banyak kemungkinan yang akan terjadi mengenai nasib kompetisi 2020 di Banten ini. "Ya yang namanya kemungkinan, bisa ia dan juga bisa tidak. Ya lagi-lagi ini kan menyangkut soal keadaan pandemi Covid-19. Jika tidak ada virus ini, palingkan tinggal urus perizinan saja," tutup dia. (basyar/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook