New Normal Siap Diberlakukan Bulan Ini

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 03 Juni 2020 - 14:50:32 WIB   |  dibaca: 120 kali
New Normal Siap Diberlakukan Bulan Ini

PERSIAPAN: Suasana rapat koordinasi (rakor) yang membahas New Normal, di Aula Setda Pemkot Serang, KSB, Kota Serang, Selasa (2/6).

SERANG, BANTEN RAYA- Meski status Kota Serang saat ini masih zona orange, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Serang siap memberlakukan new normal atau cara hidup baru di tengah pandemi korona (Covid-19). Bahkan pemkot akan menyiapkan surat edaran untuk disosialisasikan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Serang.

Demikian dikatakan Walikota Serang Syafrudin setelah rapat gugus tugas penanganan Covid-19 bersama seluruh sektor, mulai dari pengusaha, rumah sakit, hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang, di aula Setda Kota Serang, Selasa (2/6). “Dalam rapat bersama tadi, semuanya menyepakati untuk diterapkannya new normal, dan tidak ada satu orang pun yang tidak sepakat,” ujar Syafrudin, setelah rapat.

Untuk menindaklanjuti hal ini, sambung dia, pihaknya akan membuat surat edaran yang nantinya akan disebar dan disosialisasikan kepada masyarakat secara luas, sehingga pemberlakukan kebijakan tersebut dapat berjalan dengan lancar. "Nanti akan kami bahas tentang surat edarannya, dan nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat Kota Serang,” ucap dia.

Namun Pemkot Serang berencana akan kembali menggelar rapat internal. Hal itu dilakukan untuk membahas tata kelola penerapan new normal, mulai dari aturan hingga sanksi yang diberikan bagi yang melanggar. "Secara internal nanti kita bahas kembali, jadi sampai sanksinya nanti kita bahas,” jelasnya.

Syafrudin menerangkan, dengan diterapkannya new normal, maka seluruh tempat pariwisata baik religi dan lainnya akan kembali dibuka, bahkan sekali pun dalam zona merah, namun tidak lupa dengan diterapkannya protokol kesehatan. "Dalam hal ini tidak hanya pemerintah saja yang bekerja, tapi masyarakat juga harus bisa sama-sama menyelamatkan, salah satu dengan mengikuti protokol kesehatan,” terang dia.

Ia mengungkapkan, penerapan new normal merupakan kebijakan pemerintah pusat, maka dari itu Pemkot Serang harus mengikuti kebijakan tersebut. "Ini kebijakan pemerintah pusat, kalau kami tidak mengikutinya salah juga, makanya kami mendukung dalam penerapan new normal, tapi dengan memperketat protokol kesehatan,” ungkap Syafrudin.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang Kusna Ramdani mengatakan, secara teknis pihaknya telah menyiapkan puluhan anggota untuk ditempatkan di sejumlah titik keramaian, seperti pasar, Ramayana, Mall of Serang (MOS), Royal dan lain sebagainya. “Nanti akan ada anggota kami yang ditempatkan di sana (tempat keramaian), mereka akan memantau agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan,” ucap Kusna.

Ketua Harian PHRI Kota Serang Indah mengungkapkan, sejak Maret pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan di seluruh hotel dan restoran se-Kota Serang. Mulai dari pengecekan suhu bagi tamu dan karyawan, penyediaan tempat cuci tangan, penyediaan anti septik, jaga jarak, dan imbauan wajib pakai masker. Hal itu dilakukan agar new normal berjalan sesuai yang diharapkan tanpa menimbulkan kenaikan pasien yang positif.

"Kami sudah menerapkan protokol kesehatan di hotel dan perusahaan selama 24 jam. Kemudian sekarang mau menerapkan new normal ya mungkin ini hanya untuk menjaga protokol kesehatan aja," katanya. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook