Petani Dapat Bantuan Benih Tanaman

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 05 Juni 2020 - 16:20:09 WIB   |  dibaca: 164 kali
Petani Dapat Bantuan Benih Tanaman

SERAHKAN BENIH: Kepala Dinas Pertanian Kota Serang Edinata Sukarya (kanan) menyerahkan bantuan benih kepada kelompok wanita tani di Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kamis (4/6).

SERANG, BANTEN RAYA- Pemkot Serang menyalurkan bantuan stimulus terdampak Covid-19 kepada 65 kelompok wanita tani (KWT) se-Kota Serang, di Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (4/6). Bantuan tersebut berupa benih tanaman cabai dan sayur, pupuk hingga poly bag serta media tanam lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Peternakan (DPKP) Kota Serang Edinata Sukarya mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari biaya tak terduga (BTT) untuk penanganan Covid-19 Kota Serang. "Jadi ini bantuan stimulus berupa sarana dan prasarana untuk KWT. Bantuannya dari BTT Kota Serang untuk yang terdampak Covid-19," ucap Edinata usai acara.

Ia menyebutkan, ada sembilan jenis barang yang diberikan kepada masing-masing KWT. Di antaranya poly bag, benih cabai rawit, benih terong ungu, bayam dan pestisida. "Bantuan ini per KWT. Jadi nanti teknisnya di kelompoknya sendiri, dibagikan kepada anggotanya sebanyak 20 orang," ujar dia.

Edinata menjelaskan, bantuan sengaja diberikan berupa benih dan pupuk agar setiap anggota KWT memiliki aktivitas yang dapat menghasilkan keuntungan bagi individu dan kelompok.
"Yah karena biasanya mereka kan ada aktivitas berjualan, tapi di tengah pandemi ini mereka tidak ada aktivitas dan penghasilan, maka kami berikan bantuan agar memiliki nilai lebih," jelasnya.

Teknis penyaluran bantuan stimulus tersebut, sambung dia, dilakukan secara bertahap selama tiga hari berturut."Sudah, sebagian sudah kami berikan bantuan ini ke KWT. Sebelumnya itu sudah kami salurkan di Kecamatan Serang, kemudian hari ini (kemarin) di Kecamatan Kasemen. Nanti besok (hari ini) itu ada di beberapa kecamatan lagi," beber Edinata.

Kepala Bidang (Kabid) DPKP Kota Serang Andriani menambahkan, selama ini KWT jarang tersentuh program, sehingga dengan adanya bantun tersebut dapat membantu para anggota untuk bercocok tanam dan manghasilkan nilai ekonomi. "Tapi tentunya kami melakukan sosialisasi dan pembinaan teknis bagaimana cara menyemai benih tanaman," kata Andriani.
Ia mengungkapkan, bantuan yang diberikan pun sudah paket lengkap untuk menanam benih.

"Sudah ada media tanamnya, pupuk, benih dan pestisida. Jadi kami harapkan para ibu ini yang sudah mulai jenuh bisa bercocok tanam. Jangan sampai ekonomi melemah karena pandemi, dan masyarakat pun pasrah karena adanya sosial distancing," katanya.

Andriani menerangkan, bantuan stimulus ini bagaimana masyarakat memanfaatkan pertanian di pekarangan rumahnya. "Ini adalah rangsangan atau stimulan sektor pertanian saat ini adalah memanfaatkan pekarangan untuk menanam. Minimal untuk menyediakan kebutuhan pangan sehari-hari, seperti sayuran," katanya. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook