Akibat Korona, Target PBB-P2 Meleset 

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Minggu, 07 Juni 2020 - 17:41:23 WIB   |  dibaca: 85 kali
 Akibat Korona, Target PBB-P2 Meleset 

YANADI/BANTEN RAYA-PAPARKAN TARGET PBB : Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Pandeglang Yahya Gunawan Kasbin memaparkan capaian target PBB-P2 yang belum maksimal lantaran korona, kemarin.

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Target Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) di Kabupaten Pandeglang belum tercapai. Hingga Juni capaian PBB-P2 baru mencapai sekitar 8 persen. 

Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Pandeglang Yahya Gunawan Kasbin mengatakan, pada tahun 2020 dinasnya menargetkan PBB-P2 mencapai Rp 22 miliar. Namun karena mewabahnya virus korona target PBB-P2 diturunkan sekitar 50 persen atau menjadi Rp 11 miliar. "Capaian target PBB-P2 progresnya sampai saat ini masih rendah karena Covid-19," kata Yahya. 

Menurutnya, berdasarkan hasil rapat evaluasi bersama aparatur kecamatan dan desa bahwa kendala yang menyebabkan capaian PBB-P2 masih rendah, karena saat ini pemerintah tengah fokus menangani penyebaran virus korona. "Belum fokusnya petugas dalam mengejar target PBB-P2 lantaran sedang konsentrasi untuk penanggulangan Covid-19. Tapi dalam rapat evaluasi kami sudah meminta kecamatan maupun desa untuk mengejar target PBB-P2 yang sudah ditetapkan, meski tengah disibukan dengan Covid-19," ujarnya. 

Dia menyebutkan, jika pendapatan PBB-P2 rendah, sangat berpengaruh terhadap anggaran penanggulangan dampak virus korona. Sebab PBB-P2 salah satu sumber anggaran yang digunakan untuk pencegahan penyebaran virus korona. "Ya bagaimana kami bisa memutarkan uang jika penghasilan pajaknya rendah. Maka dari itu, saya mendorong kepada para camat dan desa supaya capaian target PBB-P2 bisa dimaksimalkan," imbuhnya. 

Camat Pulosari Mimif Mulyadi mengatakan, sudah mengingatkan aparatur desa untuk menggenjot pendapatan PBB-P2. Meski saat ini pihaknya tengah disibukkan dalam pencegahan penyebaran virus korona di lingkungan masyarakat. "Sudah-sudah saya ingatkan. Baik aparatur kecamatan maupun desa agar mereka menagih PBB-P2. Memang kami sekarang lagi melakukan monitoring penyaluran dana bantuan sosial untuk warga yang terdampak Covid-19," katanya. (yanadi)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook