Pasar Anyer Ikut Lomba Covid-19 

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Minggu, 07 Juni 2020 - 18:15:52 WIB   |  dibaca: 98 kali
Pasar Anyer Ikut Lomba Covid-19 

TANJUNG/BANTEN RAYA-DILOMBAKAN: Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid meninjau penerapan protokol Covid-19 di Pasar Anyer untuk persiapan lomba.

SERANG, BANTEN RAYA - Penerapan protokol pencegahan penularan virus korona atau Covid-19 di pasar tradisional dilombakan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dari 12 pasar milik Pemkab Serang, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) memilih Pasar Anyer untuk mengikuti lomba tersebut.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid mengatakan, pasar yang diikutkan lomba harus menerapkan physical distancing, social distancing, dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, dan disediakan tempat cuci tangan. "Nanti dinilai oleh Kementerian. Jadi diambil videonya oleh dinas kominfo (Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik-red) kerjasama dengan tim gugus tugas," kata Wahid.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaannya nanti, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 akan dibantu oleh Muspika Kecamatan Anyer yang akan terus memantau kegiatan di Pasar Anyer. "Jadi yang dinilai inovasinya. Tempat cuci tangan di beberapa titik sudah kita sediakan. Kemudian baik pedagang maupun pembeli harus memakai masker dan menjaga jarak. Sosialisasinya terus dilakukan oleh Muspika menggunakan pengeras suara," ujarnya.

Wahid menuturkan, video yang sudah dihasilkan selanjutnya dikirim ke Kemendag untuk dilakukan penilaian bersama dengan pasar tradisional di seluruh Indonesia. "Kita pilih Pasar Anyer karena Pasar Anyer ini untuk kegiatan belanja onlinenya relatif berjalan dan beberapa titik sudah disiapkan tempat cuci tangan. Kemudian baik pembeli maupun pedagangnya sudah pada banyak yang pakai masker," ungkapnya.

Selanjutnya, Pasar Anyer tersebut akan dijadikan percontohan bagi pasar-pasar lain di Kabupaten Serang. Bahkan, jika menjadi juara bisa menjadi contoh bagi pasar-pasar tradisional di Indonesia. "Tugas kami melakukan penyuluhan. Kita ada target juara paling tidak ada gambaran positif untuk pasar tradisional di Kabupaten Serang. Sekarang-sekarang sudah berjalan begitu masuk pasar cuci tangan dulu terus dicek suhunya," tuturnya.

Prayono, salah seorang pedagang Pasar Anyer menyambut baik adanya lomba protokol Covid-19 tersebut. "Kalau kita sebagai pedagang mendukung saja, tapi yang namanya di pasar ini kan banyak orang yang enggak peduli dengan korona, makanya kalau mau benar-benar diterapkan soal pencegahan virus koronanya harus terus diawasi," kata pedagang sembako itu. (tanjung) 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook