Sudah 107 Desa Salurkan BLT

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Minggu, 07 Juni 2020 - 18:18:44 WIB   |  dibaca: 167 kali
Sudah 107 Desa Salurkan BLT

TANJUNG/BANTEN RAYA-PANTAU PENDISTRIBUSIAN BLT: Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartanto meninjau peyaluran BLT DD di desa-desa di Kecamatan Tirtayasa.

SERANG, BANTEN RAYA - Sebanyak 107 desa di Kabupaten Serang telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) untuk masyarakat yang terdampak virus korona atau Covid-19. Penyaluran BLT DD tersebut diakui berjalan dengan cepat dan sampai dengan saat ini tidak ada permasalahan yang terjadi di masyarakat karena BLT yang disalurkan tepat sasaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, penyaluran BLT DD baru berjalan satu pekan yang dimulai Jumat (29/5), namun sampai saat ini sudah ada 107 desa yang telah menyalurkan. "Sampai hari ini sudah 107 desa yang telah menyalurkan dan tersebar di 29 kecamatan. Alhamdulillah lumayan cepat," kata Rudi.

Ia menargetkan, paling lambat pekan depan semua desa sudah selesai menyalurkan BLT DDnya tahap pertama, sehingga penyaluran tahap kedua bisa segera dilakukan. "Untuk desa yang belum kita targetkan minggu depan dan sudah kita dorong dalam forum rapat, karena tiga tahap itu kan Mei, Juni, dan Juli. Jadi untuk tahap dua juga akan disalurkan pada Juni bulan ini," ujar Plt Asda I Pemkab Serang itu.

Rudi mengungkapkan, dari hasil pemantauannya di lapangan, penyaluran BLT DD sejauh ini berjalan lancar dan tidak ada masalah yang berarti. "Alhdmdulillah penyaluran berjalan lancar dan tidak ada permasalahan. Karena kita diperintahkan oleh ibu bupati (Rt Tatu Chasanah-red) agar penyaluran disaksikan oleh Babinsa (bintara pembina desa) dan Babinkamtibmas. Memang mereka yang mendapat bantuan benar-benar terdampak Covid-19," tuturnya.

Adapun mekanisme penyaluran sendiri, Rudi menuturkan, ada yang melalui door to door, ada juga yang dilakukan di desa tergantung kesepakatan antara pihak desa dan calon penerima. "Insya Allah semua tepat sasaran karena yang mendata langsung RT/RW dan pihak desa. Kemudian semua desa sudah bergerak untuk melakun pencegahan penyebaran Covid-19, ada yang melakukan penyemprotan disinfektan, ada yang membangun rumah isolasi mandiri, dan menyediakan tempat cuci tangan," ungkapnya. (tanjung) 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook