BDR Diperpanjang Hingga Akhir Bulan

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 17 Juni 2020 - 16:35:55 WIB   |  dibaca: 369 kali
BDR Diperpanjang Hingga Akhir Bulan

Satibi/Banten Raya-SERIUS: Salah seorang siswi SMA Negeri 1 Jawilan serius mengisi ujian sekolah daring belum lama ini.

SERANG, BANTEN RAYA-Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten memperpanjang masa kegiatan belajar mengajar di rumah. Hal tersebut disampaikan Kepala Dindikbud Banten M. Yusuf.

Kepada Banten Raya Yusuf menyampaikan bahwa merujuk pada instruksi Gubernur Banten Nomor 4 tahun 2020, tentang waktu perpanjangan belajar di rumah dalam rangka membatasi penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten, maka satuan pendidikan (sekolah) di bawah Dindikbud Banten untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah hingga 28 Juni mendatang.

Yusuf meminta kepada kepala sekolah untuk memastikan bahwa kegiatan belajar di rumah dalam berjalan dengan baik. Layanan pembagian raport dalam dilaksanakan dengan baik dan benar baik dengan daring maupun luring.

"Jika memang kondisi pembagian raport harus tatap muka, pihak sekolah harus memperhatikan protokol kesehatan, dan hasil kegiatan tersebut segera dilaporkan kepada Dindikbud Banten," kata Yusuf, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Yusuf juga meminta kepada guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan metode teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat menyenangkan peserta didik.

Dalam pemberian tugas, lanjut Yusuf, guru juga memperhatikan kemampuan peserta didik, baik dalam bidang keilmuan maupun akses internet yang dimiliki oleh peserta didik. "Jika memang ada peserta didik yang tidak bisa mengakses internet, karena kondisi geografis maka guru memiliki solusi yang tidak membebani peserta didik," ungkap Yusuf.

Masih kata Yusug, untuk guru bimbingan konseling memiliki tugas tambahan yaitu memantau, menganalisa dan membuat laporan secara tertulis tentang kondisi peserta didik yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring.

Terkait dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB), Yusuf menekankan kepada kepala sekolah pada jenjang pendidikan SMA, SMK dan SKh untuk memastikan website sekolah selalu aktif dan tidak ada gangguan. Jika memang terjadi gangguan, agar segera melaporkan kepada panitia PPDb yang berada di Dindikbud Banten.

"Hal tersebut bertujuan agar tim IT yang berada di Dindikbud Banten segera membantu untuk memperbaiki website sekolah yang mengalami gangguan tersebut," tegasnya.

Yusuf kembali menegaskan bahwa kalender pendidikan tetap berjalan sesuai dengan kesepapakatan yang telah ditentukan. Adapun untuk kegiatan belajar mengajar disesuaikan dengan kondisi dan geografis sekolah. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook