Sidang Seminar Poltek PGRI Dibanjiri Teknologi

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 19 Juni 2020 - 20:36:11 WIB   |  dibaca: 255 kali
Sidang Seminar Poltek PGRI Dibanjiri Teknologi

Danang, Banten Raya-Dede Ferdiansyah salah seorang peserta sidang yang menunjukan sampah pintar.

SERANG, BANTEN RAYA - Politeknik PGRI Banten menggelar kegiatan sidang seminar dan hasil teknologi Politeknik (Poltek) PGRI Banten. Dalam sidang seminar tersebut seluruh mahasiswa peserta sidang diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Salah satu yang menarik perhatian adalah tempat sampah yang mampu mengeluarkan suara dan berfungsi secara otomatis (membuka dan menutup) tanpa disentuh dengan tangan. "Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Para mahasiswa secara bergiliran mempresentasikan hasil penelitian dan karyanya sebagai salah satu syarat kelulusan program diploma 3 di kampus kami,” kata Ketua Pelaksana kegiatan Feby Arma Putra kepada Banten Raya.

Ia mengaku, tidak hanya tempat sampah otomatis saja, ada mesin pemotong singkong atau ubi dengan kapasitas 50 Kg per jamnya, sensor pembuka pintu pagar otomatis menggunakan finger print, mesin otomatis pengganti genset, alat pengupas durian, alat potong besi dan lain lainnya.

Feby mengatakan, kegiatan sidang seminar rutin diadakan dalam rangka mengevaluasi keahlian dan kompetensi mahasiswa. "Keahlian dan kompetensi sangat penting sebagai bekal memasuki dunia kerja ataupun dunia usaha. Kalau melihat dari hasil karya mahasiswa, beberapa memiliki potensi bisnis yang cukup besar. Tinggal bertemu dengan investor sehingga produk tersebut bisa diproduksi secara massal dan memiliki nilai jual yang cukup baik," ujarnya.

Senada dengan Feby, Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Poltek PGRI Banten Ikbal menyatakan, target akhir dari mahasiswa Poltek PGRI Banten adalah mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi yang dapat di gunakan di dunia kerja.

"Industri di Banten kan cukup banyak dan membutuhkan tenaga  ahli di bidang teknik mesin, elektronika maupun teknik komputer. Maka sesuai dengan visi dan misi Politeknik PGRI Banten agar menjadi kampus yang unggul dalam teknologi serta memiliki etos kerja yang maksimal dan professional,” ungkapnya.

“Kami mendorong para mahasiswa dapat menciptakan sebuah produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat banyak, sehingga dapat menjadi sebuah peluang usaha kedepannya bagi mahasiswa itu sendiri. Di sisi lain kemampuannya pun dapat juga bermanfaat jika para mahasiswa tersebut bekerja di dunia industri," sambung Ikbal. (danang)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook