BBPLK Santuni Pondok Pesantren Al-Rahmah 

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 19 Juni 2020 - 20:44:44 WIB   |  dibaca: 542 kali
BBPLK Santuni Pondok Pesantren Al-Rahmah 

Satibi/Banten Raya - BANTUAN: Agung Nur Rohmad, Kepala BBPLK Serang (dua dari kiri) saat memberikan bantuan kepada Umi Nurhayati, istri pendiri Ponpes Al Rahmah, kemarin.

SERANG, SERANG RAYA-Pondok Pesantren Al-Rahmah yang terletak di Kelurahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang mendapatkan bantuan dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang. Bantuan yang diberikan berupa wastafel, 200 masker dan 35 penutup wajah.

Dalam sambutannya, Fannani, pengelola Pondok Psantren Al-Rahmah menyampaikan, bahwa Pondok Pesantren Al-Rahmah berdiri pada tahun 2005 silam dan hanya mendapatkan santri sebanyak 33 orang. Dalam pertengahan jalan hanya tersisa 19 santri hingga lulus.

Masih dijelaskan oleh Fannani, Pondok Pesantren Al-Rahmah didirikan oleh Abi Rasyid Muslim. Tepatnya tahun 2010 Pondok Pesantren Al-Rahmah mendapatkan donatur dari luar negeri dan mulai melakukan sejumlah pembangunan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar bagi para santri.

“Pondok Psantren Al-rahmah bukan punya pribadi, namun milik masyarakat. Karena semuanya sudah diwakafkan untuk kegiatan belajar mengajar masyarakat baik dari Serang maupun di luar Serang,” kata Fannani.

Hingga saat ini, lanjutnya, jumlah santri di Pondok Pesantren Al-Rahmah sebanyak 1970 orang, dan pada ajaran baru ini pihaknya menerima santri baru sebanyak 570 santri dari 1.000 lebih yang melakukan pendaftaran.

Dalam kesempatan itu, Fannani mengucapkan terima kasih kepada BBPLK Serang, yang telah memberikan bantuan untuk para santri yang belajar di Pondok Psantren Al-Rahmah. Bantuan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para santri dna guru, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar disaat pandemi Covid-19 ini.

“Insya Allah bantuan ini akan segera disalurkan kepada para santri dan guru yang berada di sini. Kebetulan 30 persen santri yang mondok di sini merupakan yatim piatu. Saya ucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Agung Nur Rohmad, Kepala BBPLK Serang menyampaikan, bahwa BBPLK Serang dibawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan jangkauan pembinaan seluruh Indonesia.

Agung mengaku banyak program pelatihan dan keterampilan. Disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini, BBPLK Serang hanya memberikan pelatihan dan keterampilan untuk warga Banten dan Jawa Barat. Namun jika kondisi sudah normal, maka pembinaan bisa diberikan bagi seluruh warga Indonesia.

“Pada pandemi Covid-19 ini kami memberikan pelatihan kepada masyarakat yang dirumahkan, mendapatkan pemutusan hubungan kerja dan UMKM. Pelatihan yang diberikan pun berupa menjahit masker dan memproduksi alat pelindung diri, wastafel listrik dan membuat penutup wajah,” ucapnya.

Berdasarkan arahan pemerintah pusat, lanjut Agung, hasil produski tersebut bisa disumbangkan untuk lembaga pendidikan seperti pondok pesantren, dan gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19.

“Sebelumnya bantuan serupa juga sudah kami serahkan kepada gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19, dan rencananya kami akan ke pondok pesantren yang berada di Lebak dan Pandeglang. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” imbuhnya. (satibi)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook