Warga Banten Tak Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Minggu, 21 Juni 2020 - 10:29:05 WIB   |  dibaca: 196852 kali
Warga Banten Tak Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin


SERANG, BANTEN RAYA - Gerhana matahari cincin akan terjadi pada siang hari ini, Minggu (21/6). 

Sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami fenomena itu. Namun untuk Banten dipastikan tak bisa melihat gerhana tersebut.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Klas 1 Tangerang Urip Setiyono mengatakan, untuk wilayah Indonesia gerhana matahari cincin akan teramati di 432 kota/kabupaten di 31 provinsi berupa gerhana matahari sebagian. Banten sendiri tidak termasuk pada daerah yang dimaksud.

"Gerhana ini tidak akan teramati di 83 kota yang tersebar di sebagian Bengkulu, sebagian Lampung, Banten, DKI Jakarta. Kemudian sebagian Jawa barat, sebagian Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan sebagian Jawa Timur," ujarnya, Minggu (21/6).

Ia menjelaskan, adapun waktu kontak gerhana paling awal akan terjadi di Kota Sabang, Provinsi Aceh pada pukul 14.34 WIB. Sementara kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah agraris Papua pada pukul 17.37 WIT.

"Di Maluku, Papua Barat dan Papua Matahari akan terbenam saat gerhana berlangsung," katanya.

Urip mengimbau, meski gerhana tidak melewati Banten akan tetapi masyarakat tetap untuk tidak melihat matahari secara langsung. Hal itu untuk menghindari dampak negatif dari gerhana matahari berupa penurunan fungsi mata. 

"Walau tidak terlewati tidak diperkenankan melihat matahari secara langsung," tuturnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook