Waduh... Ternyata Dispenser dan Kulkas Sering Jadi Sarang Nyamuk Demam Berdarah

nurul roudhoh   |   Kesehatan  |   Rabu, 24 Juni 2020 - 10:34:03 WIB   |  dibaca: 487 kali
Waduh... Ternyata Dispenser dan Kulkas Sering Jadi Sarang Nyamuk Demam Berdarah

CILEGON, BANTEN RAYA - Nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue ternyata sering bersarang di tempat yang tidak disangka, salah satunya yaitu di penampungan air dispenser dan kulkas. 

Untuk itu, warga diminta melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan memeriksa secara berkala peralatan rumah yang berpotensi memiliki genangan air tempat nyamuk bertelur.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Cilegon Sri Rezeki menjelaskan, dalam sejumlah pemeriksaan jentik nyamuk yang dilakukan oleh Dinkes Kota Cilegon, pihaknya cukup banyak menemukan kakus dimana ada jentik di penampungan air dispensier. 

Hal itu tentu harus menjadi perhatian agar ada pemeriksaan rutin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) oleh warga.

"Pada Maret kami menemukan cukup banyak juga ada nyamuk di dispenser (penampungan air) dan kulkas yang masih ada penampungannya. Beberapa juga ada tempat minum kandang burung. Ini harus menjadi perhatian dan secara rutin dibersihkan, sehingga jentiknya mati," katanya kepada Banten Raya, Rabu (24/6).

Sri menyatakan, fase jentik nyamuk menjadi nyamuk itu sekitar 7 sampai 10 hari. Nyamuk betina bertelur 100 sampai 200 telur dan bisa sebanyak 5 kali bertelur. 

Artinya PSN harus dilakukan secara rutin, sehingga jentik yang jumlahnya ratusan itu bisa dibasmi. 

Melakukan fogging, imbuh Sri, bukan solusi utama. Sebab, fogging hanya mematikan nyamuk dewasa. Namun untuk jentiknya masih ada.

"Kami selalu tekankan PSN itu lebih efektif. fogging atau penyemprotan hanya mematikan nyamuk dewasa, sementara jentiknya masih," imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook