Widiww.. Biaya Perawatan Pasien Covid di RSU Banten Tembus Rp25 Juta per Hari

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 25 Juni 2020 - 06:22:04 WIB   |  dibaca: 453 kali
Widiww.. Biaya Perawatan Pasien Covid di RSU Banten Tembus Rp25 Juta per Hari

SERANG, BANTEN RAYA - Biaya rawat inap pasien kasus Covid-19 bisa mencapai Rp10 hingga Rp25 juta per hari.

Besarnya biaya tersebut terjadi karena beberapa pasien yang terpapar virus korona ini harus mendapatkan perawatan yang intensif.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, seluruh biaya penanganan medis yang timbul terkait kasus Covid-19 dibiayai oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Salah satunya adalah biaya perawatan di rumah sakit (RS). 

"Pasien covid yang dirawat di RS di seluruh Indonesia dibiayai oleh Kemenkes.Rata-rata biaya pasien covid di RS berkisar Rp10-25 jt per hari," ujarnya, Rabu (24/6). 

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu menuturkan, adapun biaya yang dibutuhkan tergantung dari perawatan yang diterima pasien.

Kemudian juga bergantung pada jenis ruang perawatannya seperti di intensive care unit (ICU) atau di ruang isolasi perawatan biasa.

"Lama rata-rata hari pasien positif covid dirawat di RS 14 hingga 30 hari. Itu bergantung kepada kondisi klinis dan penyakit penyerta," katanya.

Selain biaya perawatan, kata dia, Kemenkes juga membiayai proses pemakaman jenazah kasus covid. Untuk biaya penangan jenazah covid di RS dari mulai pemulasaraan, peti jenazah sampai di antar ke tempat penguburan adalah Rp3 hingga Rp4 juta.

"Jumlah pemakaman dengan protokol covid di Banten 406 orang. PDP (pasien dalam pengawasan) 322 dan positif 84," ungkapnya. (Dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook