Kenalkan, Penabong Curug, Kampung Tangguh di Kabupaten Serang yang Warganya Hobi Ternak Lele

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 26 Juni 2020 - 07:44:36 WIB   |  dibaca: 248 kali
Kenalkan, Penabong Curug, Kampung Tangguh di Kabupaten Serang yang Warganya Hobi Ternak Lele

SERANG, BANTEN RAYA - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan Kampung Panebong Curug, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin sebagai Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya.

Dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya tersebut untuk merespon program yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz.

Adapun ditunjuknya Kampung Panebong Curug sebagai Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya karena kampung tersebut merupakan pemenang juara Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Tahun 2019.

Selain itu, Kampung Panebong Curug dinilai lebih siap dan selanjutnya kampung tersebut akan dijadikan percontohan bagi kampung-kampung lain di Kabupaten Serang.

“Kami akan menduplikasikan di seluruh RW (rukun warga), karena di Kabupaten Serang tahun kedua sedang dilaksanakan Lomba Kampung Bersih dan Aman. Jadi, kampung tangguh langsung dimasukan dalam kriteria penilaian program lomba kampung bersih dan aman,” ujar Tatu usai melakukan peresmian, Kamis (25/6).

Ia menjelaskan, Kampung Tangguh diciptakan agar masyarakat melakukan pencegahan Covid-19 secara mandiri dan penuh kebersamaan.

“Ke depan, dalam LKBA, lebih fokus pada persoalan untuk penanggulangan wabah Covid-19. Tentunya tentang kesehatan, dan penguatan perekonomiannya. Sebanyak 1.511 RW akan serentak di tahun 2020 ini dilombakan sekaligus,” ujarnya.

Untuk di Kampung Panebong Curug sendiri, masyarakat sudah menjalankan protokol kesehatan, dengan mewajibkan pakai masker dan menyediakan fasilitas cuci tangan. Berbagai fasilitas sosial diciptakan, mulai dari pojok baca, lumbung pangan, ruang kreatif, budidaya hidroponik, kolam budidaya lele, dan taman lalu lintas.

“Untuk Kampung Tangguh akan lebih banyak ditangani oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dan jajaran Puskesmas. Kampung tangguh selain fokus pada kesehatan, juga ekonominya harus tangguh. Masyarakat harus berdaya, tangguh secara mandiri dari sisi kesehatan dan ekonomi atas dampak Covid-19,” kata Tatu.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan, Kampung Panebong Curug merupakan percontohan bagi kampung lain. Kemudian di 17 kecamatan yang berada di wilayah hukum Polres Serang Kabupaten juga akan dibentuk kampung tangguh.

“Untuk kegiatannya yaitu, pencegahan penyebaran virus Covid-19 juga ketahanan pangan. Bagaimana memberdayakan seluruh masyarakat untuk sama-sama bergotong royong dalam rangka upaya pencegahan juga ketahanan pangan di wilayah Hukum Polres Serang,” ujarnya.

Mariyono menjelaskan, untuk penilaian Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya ada 13 item penilaian berdasarkan telegram dari Mabes Polri salah satunya pencegahan penyebaran covid-19 dan ketahanan pangan.

“Ketahanan pangan dimaksud dengan pemberdayaan masyarakat seperti ternak lele. Sedangkan untuk pencegahan sadar akan kesehatan salah satunya selain menggunakan masker, juga rajin mencuci tangan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Kibin Imron Ruhyadi mengatakan, semua kegiatan masyarakat dilakukan secara swadaya baik itu membuat pojok baca, membuat kolam lele, membuat aksesoris, maupun yang lainnya.

"Untuk pembinaanya kita memberikan pemahaman terus menerus kepada masyarakat agar bisa menjadikan Kampung Panebong Curug ini sebagai kampung tangguh," katanya. (tanjung/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook