Untirta Akan Gelar Ospek Daring

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 26 Juni 2020 - 20:26:40 WIB   |  dibaca: 514 kali
Untirta Akan Gelar Ospek Daring

satibi/Banten Raya-RAPAT: Warek III Untirta Suherna (duduk-dua dari kiri) foto bersama usai memimpin rapat masa pengenalan kampus.

SERANG, BANTEN RAYA-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) rencananya akan melaksanakan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun 2020 secara daring. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi PKKMB di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus Pakupatan Untirta.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan H. Suherna menyampaikan bahwa PKKMB bertujuan membantu proses adaptasi siswa menjadi mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu mandiri ketika memasuki dunia kampus. “PKKMB memberikan bekal awal kepada mahasiswa yang kelak akan menjadi alumni. Ini bagian dari proses siswa untuk menjadi mahasiswa," kata Suherna kepada Banten Raya.

Menurutnya, PKKMB juga bertujuan menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai empat pilar kebangsaan; memperkenalkan sistem dan pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tingi.

"Selain itu PKKMB juga bertujuan untuk memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa, bagi diri, lingkungan dan sekitar dan mewujudkan kampus yang ramah, inklusif, aman, dan sehat," ujarnya.

Suherna mengaku pelaksanaan PKKMB secara daring ini dalam rangka mendukung penerapan kebijakan new normal dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Kegiatan PKKMB tahun 2020 akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengusung tema “Membentuk Mahasiswa yang Smart dan Green Campus di Era New Normal”. 

Kegiatan PKKMB 2020 akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan mahasiswa yang lolos melalui jalur SNMPTN terlebih dahulu. “Pelaksanaan PKKMB akan dilaksanakan per jalur masuk. Jalur SNMPTN dulu. Kita akan buka satu kali kegiatan PKKMB, dari fakultas juga satu hari. Nanti jalur SBMTN juga kita adakan, bisa dua kali atau bisa satu kali tergantung kuota zoom meeting," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Suherna berharap PKKMB dapat menjadi wahana penanaman lima program gerakan nasional revolusi mental, yakni Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri dan Indonesia Bersatu. Dengan demikian, materi kegiatan PKKMB 2020 dirancang dan disesuaikan untuk mendukung dan wewujudkan harapan tersebut.

Perlu diketahui, dalam rapat tersebut disepakati Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan sebagai Ketua Pelaksana, Kepala BAKP sebagai Wakil Ketua Pelaksana, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan sebagai Sekretaris, para Wakil Dekan III sebagai koordinator. Kegiatan PKKMB 2020 dipastikan akan melibatkan sivitas akademika Untirta, yakni dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook