Disaat yang Lain Terpuruk, Petani di Pontang Ini Bisa Ekspor 35 Ton Rumput Laut ke Vietnam 

nurul roudhoh   |   Ekonomi  |   Senin, 29 Juni 2020 - 22:17:24 WIB   |  dibaca: 549 kali
Disaat yang Lain Terpuruk, Petani di Pontang Ini Bisa Ekspor 35 Ton Rumput Laut ke Vietnam 

SERANG, BANTEN RAYA - Disaat beberapa sektor usaha mengalami keterpurukan akibat terdampak penyebaran Covid-19, petani rumput laut di Serang utara akan mengekspor 35 ton rumput laut jenis eucheuma spinosum ke Vietnam. 

Rencana ekspor ke Vietnam itu merupakan tahap kedua setelah sebelumnya mengekspor sebanyak 33 ton.

Koordinator Petani Rumput Laut Jazuli mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk kegiatan ekspor rumput laut tahap kedua. 

"Sekarang yang sudah terkumpul 35 ton. Kita targetkan sebanyak-banyaknya. Sebelumnya kita ekspor 33 ton dan dilepas langsung oleh Pak Menteri (Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan-red)," ujar Jazuli, Senin (29/6).

Ia mengungkapkan, pihaknya masih terus mengumpulkan rumput laut jenis eucheuma spinosum itu dari para petani dan ditargetkan bulan depan sudah bisa diekspor. 

"Kita masih menunggu barang (rumput laut-red) dari Lontar, Taman Jaya dan Pulau Seribu, Jakarta serta dari Lampung, semoga bulan ini bisa masuk semuanya. Semoga bisa secepatnya kita melakukan ekspor kedua ini," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang Suhardjo mengatakan, rumput laut yang diekspor ke Vietnam tersebut merupakan jenis spinosum. Di Kabupaten Serang, produksi rumput laut jenis spinosum masih terbatas. 
"Untuk produksi rumput laut jenis spinosum baru 120 ton per tahun. Kalau produksi rumpul laut jenis cottonii sebanyak 2.000 ton per tahun," ujarnya. (tanjung/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook