Kondom Gratis yang Dibagikan Pemkot Serang Diserbu Warga

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 30 Juni 2020 - 09:18:59 WIB   |  dibaca: 411 kali
Kondom Gratis yang Dibagikan Pemkot Serang Diserbu Warga

Kepala DP3AKB Kota Serang Toyalis

SERANG, BANTEN RAYA - Kondom gratis yang dibagikan oleh DP3AKB Kota Serang diserbu warga usia pasangan subur.Kepastian tersebut diketahui pada kegiatan pelayanan 1 juta akseptor yang digelar serentak di seluruh Pos KB desa/kelurahan dan fasilitas kesehatan (faskes) se Indonesia, termasuk di Kota Serang, Senin (29/6).

Kepala DP3AKB Kota Serang Toyalis menjelaskan, pemakai alat kontrasepsi jenis kondom di Kota Serang masih cukup tinggi. Semula hanya ditarget 1.696 akseptor atau peserta program keluarga berencana (KB), ternyata realisasinya mencapai 3.029 akseptor.

Sebanyak 3.029 akseptor kondom tersebut termasuk juga jumlah akseptor pil KB. Sehingga dengan demikian peminat alat kontrasepsi jenis kondom dan pil masih tinggi bila dibandingkan alat kontrasepsi lainnya.

"Iya saya juga tidak menyangka bakal melebihi target. Tadinya kan kita targetkan 1.696 akseptor kondom dan pil KB. Ternyata peminatnya sampe 3.029 akseptor. Luar biasa ini, diluar dugaan," ujar Toyalis, dihubungi Banten Raya, via sambungan ponselnya, Selasa (30/6) pagi.

Ia mengungkapkan, animo masyarakat terhadap alat kontrasepsi jenis kondom dan pil KB ini selain gratis juga karena alat kontrasepsi kondom merupakan jangka pendek."Sehingga mereka memilih pil dan kondom. Mereka takut belum dapat izin dari suaminya kalau pake yang jangka panjang," ucap dia.

Toyalis menerangkan, pembagian kondom dan pil KB ditujukan kepada pasangan usia subur. Setiap kader Pos KB dan petugas PL KB akan memberikan blangko kepada akseptor."Jadi gak sembarangan ngebagikan. Supaya kita input kan ada nama suami dan istrinya," terangnya.

Ia menuturkan, untuk pembagian alat kontrasepsi kondom dan pil KB itu dilaksanakan sepekan kemarin di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) dan melalui pos-pos kader petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) di 67 kelurahan se Kota Serang."Pelayanannya dari Minggu lalu.

Kalau sehari gak bisa soalnya tenaganya kewalahan. Karena kemarin itu hanya gebyarnya sambil kemarin itu input data ke pusat. Karena tidak mungkin juga sehari, setor ke kadernya aja lama barangnya.  Makanya kita cicil dari Minggu kemarin kita biling," tandasnya. (hari)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook