Blangko Sudah Tidak Berlaku, Sekarang Bikin Kartu Keluarga dan Akte Pakai Kertas HVS

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 01 Juli 2020 - 08:36:20 WIB   |  dibaca: 198994 kali
Blangko Sudah Tidak Berlaku, Sekarang Bikin Kartu Keluarga dan Akte Pakai Kertas HVS

SERANG, BANTEN RAYA - Mulai 1 Juli 2020 hari ini kartu keluarga dan akte kelahiran maupun kematian dengan menggunakan blangko atau security printing sudah tidak berlaku lagi. Sebab dokumen yang memakai blangko hanya KTP elektronik dan kartu identitas anak atau KIA. 

"Jika ada yang menerima berkas menggunakan blangko cetakan per tanggal 1 Juli 2020, maka dianggap tidak valid," kata Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Azwar Soleh Wijaya, Rabu (1/6). 

Azwar menjelaskan, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), bahwa untuk blangko kartu keluarga dan akte pencatatan sipil per tanggal 1 Juli 2020 menggunakan kertas hvs putih dengan berat 80 gram ukuran A4. 

Dikatakan Azwar, penggunaan kertas sebagai pengganti dari blangko untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan menggunakan kertas biasa maka biaya yang dikeluarkan juga lebih murah dan proses pencetakan juga lebih mudah. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook