Dongkrak Ekonomi Warga, Agen dan Distributor BPNT Diharuskan Gunakan Komoditas Lokal

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Sabtu, 04 Juli 2020 - 16:43:26 WIB   |  dibaca: 379 kali
Dongkrak Ekonomi Warga, Agen dan Distributor BPNT Diharuskan Gunakan Komoditas Lokal

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Agen dan distributor program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) wajib untuk menggunakan komoditas pangan lokal untuk disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

“Upaya ini tentunya untuk mendongkrak perekonomian warga desa. Jadi melalui program sembako BPNT setidaknya bisa membantu para petani lokal menjual hasil panennya, makanya kenapa saya wajibkan,” ujar Kepala Dinsos Pandeglang Nuriyah diwawancara di Kecamatan Cimanuk, Sabtu (4/7).

Ditegaskannya, para distributor yang masuk ke desa-desa, tidak diperbolehkan membawa komoditas pangan dari luar desa, terkecuali tidak tersedianya sumber daya di desa tersebut.

“Komoditas pangan untuk sembako BPNT itu wajib diambil dari hasil pertanian lokal, misalnya Kecamatan Cimanuk yang sudah terkenal dengan berasnya, maka itu wajib menggunakan beras Cimanuk. Tujuannya untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi petani lokal,” tegasnya.

Masih kata Nuriyah, selain distributor yang sudah ada, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa menjadi mitra agen di tiap-tiap desa. Hal ini untuk mengembangkan badan usaha milik desa agar bisa eksis kedepannya.
"Kenapa tidak BUMDes menjadi mitra agen sebagai penyalur, namun tentunya harus BUMDes yang sehat dan sudah berjalan sesuai bidang usahanya bukan yang dadakan," tegas Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Pandeglang ini. (muhaemin)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook