Yakin Lolos Pilkada Cilegon, Syarat Dukungan Sah Mumu-Lian Tembus 40 Ribu

nurul roudhoh   |   Politik  |   Jumat, 10 Juli 2020 - 22:13:20 WIB   |  dibaca: 572 kali
Yakin Lolos Pilkada Cilegon, Syarat Dukungan Sah Mumu-Lian Tembus 40 Ribu

URI MASYHURI/BANTEN RAYA - SAMPAIKAN PIDATO : Paslon Perseorangan Ali Mujahidin dan Lian Firman menyampaikan pidato dalam Rakor bersama 700 LO, Jumat (10/7).

CILEGON, BANTEN RAYA- Bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon dari jalur perseorangan Ali Mujahidin dan Firman Mutakin (Mumu-Lian) mengklaim sudah mengantongi syarat dukungan sah sebanyak 40 ribu. 
Dalam rapat koordinasi (rakor) dengan 700 liaison officer (LO) di halaman Rumah Makan Pelipur Lapar, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Jumat (10/7), Mumu mengatakan bahwa verifikasi faktual (verfak) saat ini memasuki tahap final oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon. 
“Ini rapat perdana. Sebab, sebelumnya itu LO mengirimkan data secara email (surat elektronik-red). Kemarin masih 37 ribu, sekarang datanya hampir mencapai 40 ribu. Ini data yang ada di kami bukan data KPU yah,” katanya kepada wartawan usai memimpin rakor.
Mumu meyakini, jika selisih data dengan KPU Kota Cilegon hanya di bawah 10 persen, sehingga dirinya percaya diri sudah melebihi ambang batas persyaratan dukungan perseorangan yaitu 24.699 atau 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Presiden (pilpres) 290.571 pemilih di Kota Cilegon.
“Selisihnya ada, tapi di bawah 10 persen, sehingga dengan ambang batas hanya 24 ribu sekian, kami yakin bisa lolos,” imbuhnya.
Sementara itu, Koordinator Pokja Pemenangan Mumu– Lian (Mulia) Triyas mengungkapkan, angka 40 ribu tersebut menjadi modal awal bagi pihaknya. Untuk itu, pendukung dan tim punya tugas untuk bisa mengembangkan dan mendorong dukungan bisa lebih besar lagi dan memenangkan pertarungan di Pilwalkot.
“Para pendukung ini harus menjadi pendorong, menjadi motivator untuk perubahan Kota Cilegon. Ini modal awal untuk bisa lebih besar lagi,” ungkapnya.
Triyas menyatakan, pihaknya juga akan mempertahankan jumlah dukungan sebesar 40 ribu tersebut dalam pleno rekapitulasi verifikasi yang dilaksanakan di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun tingkat kota yang dilakukan KPU Kota Cilegon.
“Tugas berikutnya angka 40 ribu harus diperjuangkan. Tidak boleh menyusut apalagi sampai hilang. Kami akan kawal dalam proses rekapitulasinya,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Divisi Pencalonan KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli memaparkan, Sabtu (11/7) adalah proses verfak terakhir. Sehingga pada Minggu (12/7) paslon bisa diberikan hasil sensus verfak yang sudah dilakukan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan. Untuk jumlah berapa MS dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) Paslon Perseorangan, Eli memilih tidak berkomentar. Sebab, masih ada proses pleno verifikasi yang dilakukan PPK dan KPU.
'Minggu itu setiap LO sudah dapat hasil verfak, selanjutnya akan ada rekap tingkat kecamatan dan kota. Nanti baru pada tingkat kota sekitar 20 atau 21 Juli berapa jumlahnya saya akan berkomentar. Kalau sekarang masih berproses,” katanya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook