Agen Sembako BPNT se Picung Ngeluh Terima Komoditas Tak Sesuai Jadwal & PO

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Sabtu, 11 Juli 2020 - 17:22:44 WIB   |  dibaca: 331 kali
Agen Sembako BPNT se Picung Ngeluh Terima Komoditas Tak Sesuai Jadwal & PO

MUHAEMIN/BANTEN RAYA - BONGKAR BARANG: Sebuah truk membawa komoditas bansos BPNT untuk agen di Kecamatan Picung, Jumat (10/7).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA  - Sejumlah agen sembako atau E-Warong program sembako BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di Kecamatan Picung mengaku bingung karena sembako yang datang untuk bulan Juli 2020 tidak sesuai PO (purchase order) dan jadwal pengiriman. Pada Jumat ( 10/7), diketahui agen-agen di Picung sudah menerima salah satu komoditas pangan BPNT yang diduga dikirim distributor bernama PT Aam.

Seperti dikatakan salah satu agen di Kecamatan Picung, Ade Emon, mayoritas agen telah mengajukan PO ke PT PBM untuk jatah bulan Juli 2020. Bulan sebelumnya kata Ade, agen-agen memang dapat barang dari distributor PT Aam. "Untuk jatah Juli 2020 agen-agen di Picung sudah pesan sembako atau PO ke PT PBM (Pandeglang Berkah Maju). Sesuai jadwal dari Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang sembako akan didistribusikan tanggal 17 Juli 2020. Tapi Jumat (10/7) komoditas pangan beras sudah dikirim ke agen. Informasinya yang kirim PT Aam. Itu kan tidak sesuai jadwal dan PO," kata Ade kepada Banten Raya, lewat sambungan telpon, Sabtu (11/7).

Selaku agen, Ade Emon mengaku tidak  mempersoalkan dari distributor mana sembako datang. Namun, menurutnya, agen berhak menentukan distributor dan mencari barang yang berkualitas sesuai pedum (pedoman umum).
"Kalau agen yang penting barangnya ada dengan kualitas dan kuantitas sesuai pedoman umum sembako. Makanya kami alihkan PO ke PT PBM dengan maksud mencari barang yang lebih bagus.  Kami harap masalah ini diselesaikan terutama oleh camat dan TKSK yang punya kewenangan menegakkan aturan. Selaku Ketua Tim Koordinasi Bansos Pangan Wilayah Kecamatan, camat juga jangan kongkalingkong dengan distributor tertentu sehingga merugikan yang lain," jelasnya.

Terpisah,  Pelaksana tugas (Plt) Direktur PT Pandeglang Berkah Maju (PBM) Puji Widodo menyatakan bahwa perusahannya ikut ambil bagian dalam membantu program sembako APBN. Salah satu kecamatan yang dilayani PT PBM kata Puji adalah kecamatan Picung. 
"Saat ini  kami tengah menyiapkan komoditas sembako yang akan dikirim ke agen-agen di Picung berdasarkan PO agen. Kami akan menyalurkan barang sesuai jadwal dari Dinsos dan Pedum yaitu 17 Juli nanti," kata Puji Widodo.

Terkait adanya keluhan agen di Picung karena dikirim komoditas oleh distributor PT PBM, Puji mengaku sudah mendapatkan informasi. "Kami juga aneh, kok ada kesan penyerobotan. Ini sudah tidak fair. Makanya kami akan segera koordinasi dengan camat selaku tim koordinator untuk mencari duduk persoalannya. Kami juga siap meminta pertanggungjawaban ke camat jika terbukti sepihak bermain dengan suplier lain dan mengalihkan PO. Kami akan bawa masalah ini ke Tim Koordinasi Kabupaten atau Dinas Sosial," tegasnya. (muhaemin)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook