Napi Lapas Pemuda Tangerang Over Kapasitas, Kemenkumham Banten Lakukan Ini

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 13 Juli 2020 - 10:05:48 WIB   |  dibaca: 145 kali
Napi Lapas Pemuda Tangerang Over Kapasitas, Kemenkumham Banten Lakukan Ini

DARI KEMENKUMHAM BANTEN UNTUK BANTEN RAYA - DIPINDAH: Proses pemindahan puluhan WBP Lapas Pemuda Kota Tangerang ke Lapas Kota Tangerang dan Lapas Kota Cilegon, Sabtu (11/7).

SERANG, BANTEN RAYA - Akibat over kapasitas, 73 warga binaan pemasyarakatan (WBP) kasus Narkoba dan kriminal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Klas IIA dipindahkan ke Lapas Klas I Kota Tangerang dan Lapas dan Lapas Klas IIA Cilegon.

Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kemenkumham Banten Marselina Budiningsih mengatakan, saat ini Lapas Pemuda Klas IIA diisi sebanyak 2.803 WBP. Padahal lapas tersebut hanya bisa menampung sebanyak 1.251 WBP. 

"Dalam dua hari kemarin (Jumat dan Sabtu) kita melaksanakan proses mutasi. 48 WBP ke Lapas Klas I Kota Tangerang dan 25 WBP ke Lapas Klas IIA Cilegon," katanya kepada Banten Raya, Senin (13/7).

Menurut Marselina, pemindahan WBP menjadi sangat penting dalam upaya mengatasi over kapasitas hunian WBP, serta mencegah terjadinya gangguan Keamanan dan Ketertiban di Lapas atapun Rutan.

"Kita harus melakukan mutasi WBP ini untuk menghindari over kapasitas yang dapat mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas maupun Rutan serta jalankan sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP) yang berlaku," ujarnya.

Marselina mengungkapkan, mutasi warga binaan ini juga sebagai upaya deteksi dini pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) pada Lapas maupun Rutan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten.

"Kami juga meminta jajaran (Pengelola Lapas dan Rutan) agar selalu melakukan monitoring mengenai Overcapacity ini," ungkapnya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook