Ajiib..! Warga Kecamatan Cinangka Tangkap Buaya Raksasa yang Sempat Meresahkan 

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 13 Juli 2020 - 10:28:46 WIB   |  dibaca: 3156 kali
Ajiib..! Warga Kecamatan Cinangka Tangkap Buaya Raksasa yang Sempat Meresahkan 

DARI WARGA UNTUK BANTEN RAYA - DIIKAT - Buaya besar yang ditangkap oleh warga Kampung Ciparay, Desa Cinangka, Kabupaten Serang, diikat agar tidak kabur dan membahayakan warga.

SERANG, BANTEN RAYA - Seekor buaya muara berukuran besar yang sering muncul ke permukaan di muara Cidanau, Pasir Putih Cinangka berhasil ditangkap warga Kampung Ciparay, Desa Cinangka, Kabupaten Serang, Minggu (12/7) malam. 

Saat berita ini diturunkan, buaya yang memiliki panjang 2 meteren tersebut sedang dijemput tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Serang.

Petugas BKSDA wilayah Serang Uday Udaya membenarkan adanya penangkapan buaya itu. 

"Iya, kita sedang menuju kesana untuk evakuasi," katanya kepada Banten Raya, Senin (13/7).

Uday memberikan apresiasi warga atas penangkapan buaya tersebut dan tidak melukai atau membunuhnya. Meski buaya tersebut merupakan buaya liar yang dapat membahayakan.

"Buaya ini merupakan satwa yang dilindungi dan harus dijaga kelestariannya," tandasnya.

Berdasar PP 7/1999, ada tujuh jenis buaya dan empat di antaranya dilindungi, salah satunya crocodylus porosus atau buaya air tawar. Sementara berdasarkan Pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 ayat (2) huruf A dan C Undang-undang Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, setiap orang dilarang memperdagangkan satwa yang dilindungi. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook