Berhasil Tekan Covid-19, Kota Serang Menjadi Zona Kuning

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 13 Juli 2020 - 17:13:49 WIB   |  dibaca: 146 kali
Berhasil Tekan Covid-19, Kota Serang Menjadi Zona Kuning

Serang - Kasus Covid-19 di Kota Serang, Banten menunjukan tren yang menurun dengan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang (01/07), orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 374 orang, 354 orang dinyatakan sembuh, dan sisa 20 orang dalam pemantauan.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 57 pasien. Periciannya yakni 46 pasien dinyatakan sembuh, 6 pasien meninggal dunia dan tinggal 5 pasien dalam perawatan. Selain pasien positif yang mengalami penurunan, tren pasien yang sembuh juga meningkat, dimana dari jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 24 kasus dengan perincian 18 orang dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dan kini hanya 4 orang masih dalam perawatan. 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang, W Hari Pamungkas menjelaskan hingga akhir bulan Juni 2020 tren kasus positif Covid-19 memang mengalami penurunan. “Secara umum trennya menurun. Tinggal tersisa 4 pasien positif yang dirawat,” ujarnya. Hari mengungkapkan, 4 pasien positif dirawat di tiga rumah sakit yakni dua pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drajat Prawiranegara Serang , satu pasien di RSUD Banten, dan satu pasien di Rumah Sakit Mayapada Jakarta.

Hari juga mengatakan status Kota Serang berubah dari orange menjadi kuning sejak 21 Juni 2020 lalu. Perubahan status ini berdasarkan peta sebaran Covid-19 nasional. “Banyaknya pasien sembuh menunjukkan hasil perawatan kesehatan pasien Covid-19 semakin baik. Peta nasional kita, sekarang sudah berubah menjadi kuning,” kata Hari. Ia juga berharap kondisi Kota Serang segera normal, bila tren penyebaran wabah Covid-19 terus menurun.

Apalagi, Peraturan Wali Kota (Perwal) nomor 18 tahun 2020 telah diterbitkan oleh Walikota Serang H. Syafrudin tentang penanganan corona virus disease (Covid-19) di tempat keramaian dan fasilitas umum dalam masa transisi pemberlakuan tatanan normal baru di wilayah Kota Serang. Dimana tempat keramaian dan fasilitas umum akan diperbolehkan beroperasi kembali namun tetap mengikuti protokol kesehatan diantaranya yaitu, pusat perbelanjaan, tempat resepsi, seminar dan rapat, perpustakaan, alun-alun, gedung olahraga, stadion dan tempat keramaian dan fasilitas lainnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal mengatakan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang tengah menyelenggarakan rapid test massal untuk deteksi awal penyebaran wabah Covid-19, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Terutama, jika melihat kondisi masyarakat yang saat ini mulai longgar dalam menjalankan aktivitasnya.

“Ada 20.000 rapid test yang kita sediakan,” ujarnya. Tinggal masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan serta rapid test massal juga terus berjalan guna meminimalisasi peningkatan kembali kasus Covid-19 di Kota Serang. (Adv)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook