Bosan Empat Bulan Dikarantina, Karyawan di Bojonegara Demo Perusahaan 

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 14 Juli 2020 - 13:04:11 WIB   |  dibaca: 110 kali
Bosan Empat Bulan Dikarantina, Karyawan di Bojonegara Demo Perusahaan 

SERANG, BANTEN RAYA - Sekitar 200 orang karyawan PT China Harbour Indonesia (CHI) di Kecamatan Bojonegara melakukan aksi protes terhadap kebijakan yang diambil oleh pihak perusahaan. 

Mereka menutut agar bisa kerja pulang pergi dan tidak dikarantina di dalam perusahaan berbulan-bulan.

"Iya teman-teman pengen pulang pergi kerjanya karena selama ini mereka dikarantina di perusahaan. Tapi pihak perusahaan pengennya tetap tinggal di perusahaan. Kemarin (13/7) kita mendampingi untuk mediasi," ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Bojonegara Misnan, Selasa (14/7).

Para karyawan yang melakukan protes tersebut rata-rata di karantina selama tiga sampai empat bulan dan tidak diperbolehkan pulang oleh pihak perusahaan.

"Keinginan untuk kerja pulang pergi tidak dipenuhi alasannya ketakutan pihak manajemen terkait Covid-19," katanya.

Adapun hasil dari mediasi yang dilakukan, Misnan mengungkapkan, pihak perusahaan memberikan tawaran kalau sudah tiga bulan menjalani karantina di perusahaan maka karyawan diperbolehkan untuk pulang. 

"Jadi masuknya cuti. Nanti karyawan tingga di rumah satu minggu, habis itu balik lagi ke perusahaan tapi nanti diisolasi selama 14 hari. Teman-teman buruh ada yang sepakat dan ada yang tidak sepakat, yang sepakat menandatangani," tuturnya.

Misnan menilai, PT CHI dalam mengambil kebijakan tidak mentaati aturan pemerintah karena saat ini sudah new normal. 

"Ada sekitar 200 orang hampir 300 orang karyawan yang di karantina di perusahaan dari berbagai daerah. Kemarin itu aksi yang ketiga kalinya," katanya. (Tanjung)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook