Nyalon Ketua PAN, Walikota Serang Lobi Yandri Susanto 

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 14 Juli 2020 - 21:54:43 WIB   |  dibaca: 148 kali
Nyalon Ketua PAN, Walikota Serang Lobi Yandri Susanto 

Nyalon Ketua PAN, Walikota Serang Lobi Yandri Susanto 

SERANG, BANTEN RAYA- Walikota Serang Syafrudin digadang-gadang bakal maju pada bursa pemilihan Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Provinsi Banten. Orang nomor satu di Kota Serang itu pun mengaku siap maju pada bursa pencalonan Ketua DPW PAN Banten. 

"Saya ini kan kader partai (PAN). Saya menjadi Walikota juga karena didukung oleh partai. Makanya kalau memang ditunjuk untuk mengemban amanah ini, saya sudah pasti akan siap," ujar Syafrudin saat diwawancara wartawan di ruang kerjanya, di Setda lantai 2 Pusat Pemerintah Kota Serang, Selasa (14/7) sore sekitar pukul 15.30.

Namun, Syafrudin menyadari dirinya baru menjadi kader PAN pada tahun 2017, dan masih banyak kader yang layak jadi Ketua DWP PAN Banten. Sehingga ia tidak mau dinilai ambisius dalam mencalonkan diri sebagai Ketua DPW PAN Banten.

"Saya kan kader PAN baru kemaren, baru tahun 2017. Jadi kalau saya ambisi untuk nyalon itu kayaknya gak pantes, karena saya baru kemaren, banyak yang udah puluhan tahun. Akan tetapi kalau memang dari bawah ngedorong (ngedukung) saya untuk jadi Ketua DPW PAN, ya saya sih siap-siap aja," ucapnya.

Ia pun mengaku sudah mendapat dukungan dari para kader PAN di antaranya DPC PAN Kota Serang, DPC PAN Kota Cilegon, DPC Kabupaten Pandeglang dan DPC Kabupaten Serang.

"Cuma baru silahturahmi aja ke sini, banyak sih gak. Dari Pandeglang, Lebak mah gak, enggak ada yang silaturahmi. Artinya responnya bagus untuk mencalonkan di formatur DPW," ungkap dia.

Syafrudin menjelaskan, dalam penetapan Ketua DPW PAN Banten tidak menggunakan sistem pemilihan dari tingkatan DPC. Akan tetapi penetapan tersebut dipilih langsung oleh DPP PAN.

"Jadi memang ini cuma pendaftaran formatur aja. Jadi nanti yang menentukan itu DPP, jadi bukan dipilih dari DPC. Karena ini memang bukan pemilihan," terangnya.

Ia mengaku telah membuka komunikasi dengan Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto terkait dengan jabatan Ketua DPW PAN Banten itu. Namun Syafrudin berkilah bahwa komunikasi itu berkaitan dengan pemilihan ketua. "Komunikasi mah sebelum adanya isu pemilihan juga sudah sering. Kan DPP-nya juga ada di sini Pak Yandri. Tapi kalau yang fokus terkait pemilihan itu cuma baru sekali saja," tuturnya.

Namun jika dirinya tidak dipilih oleh DPP untuk menjadi Ketua DPW PAN Banten, menurutnya tidak menjadi soal. Karena baik dirinya menjabat sebagai ketua maupun hanya anggota biasa, akan tetap memberikan yang terbaik untuk PAN.

"Bagi saya mah, mau jadi ketua atau tidak, mau jadi anggota biasa atau menjadi pengurus yang membidangi apa, yah tidak menjadi masalah. Yang penting saya bisa memberikan yang terbaik untuk partai yang mendukung saya ini," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto menjelaskan, dalam pemilihan ketua pada partai tersebut, tidak melalui mekanisme satu orang satu suara. Akan tetapi, PAN menggunakan sistem musyawarah mufakat.

"Jadi pemilihan di kami itu musyawarah mufakat, tidak one man one vote (satu orang satu suara). Lalu kami juga tidak menetapkan ketua, melainkan anggota formatur. Nanti dari Banten 4 orang, dari DPP 1 orang," kata Yandri melalui sambungan telepon.

Ia meminta kepada panitia pelaksana musyawarah wilayah (muswil) untuk membuka pendaftaran calon anggota formatur. Nanti panitia akan menyetorkan nama tersebut ke DPP PAN.

"Kalau memang nanti hanya empat orang saja, maka tidak akan ada pemilihan anggota formatur lagi. Kalau nanti ternyata lebih dari empat, berarti akan dilangsungkan pemilihan anggota formatur," ujar dia.

Yandri menerangkan, dari empat anggota formatur ditambah satu anggota formatur dari DPP tersebut nantinya akan bermusyawarah, untuk menentukan siapa yang menjadi ketua. "Biasanya itu berlangsung sehari atau dua hari. Tergantung bagaimana musyawarah antara formatur tersebut," pungkasnya. (harir) 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook