Nasib Pedagang Hewan Kurban, Gara-gara Korona Penjualannya Merosot

nurul roudhoh   |   Ekonomi  |   Rabu, 15 Juli 2020 - 13:54:15 WIB   |  dibaca: 1372 kali
Nasib Pedagang Hewan Kurban, Gara-gara Korona Penjualannya Merosot

HARIR BANTEN RAYA - PASANG LABEL SEHAT: Kepala Dinas Peternakan Kota Serang Edinata Sukarya (tengah) didampingi Kabid Peternakan Siswati saat mengecek kesehatan hewan kurban di lapak hewan kurban Dogar Asrem di Jalan Bhayangkara Lingkungan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (15/7).

SERANG, BANTEN RAYA - Gara-gara Pandemi Covid-19, penjualan hewan kurban jelang Idul Adha di Kota Serang terancam mengalami penurunan omset. Hal ini dikatakan Rahman Taufik pemilik lapak hewan kurban Dogar Asrem yang beralamat di Jalan Raya Bhayangkara, Lingkungan Cipocok Jaya, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, kepada Banten Raya, Rabu (15/7).

Menurut Rahman, penjualan hewan kurban tahun ini diprediksi mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Untuk tahun diprediksi menyusut sekitar 25 persenan lah," kata Rahman, ditemui di lapaknya, usai hewan kurbannya diperiksa kesehatan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang, dan tim kesehatan hewan Kota Serang dan Provinsi Banten.

Ia mengungkapkan, penurunan omset tersebut disebabkan karena saat ini masih Pandemi Covid-19.

"Mungkin karena pengaruh Pandemi Covid-19," ungkap dia.

Rahman menyebutkan, penjualan hewan kurban di lapaknya perhari sebelum Idul Adha pada tahun lalu bisa menjual 3-10 ekor, namun saat ini penjualannya hewan kurbannya masih sepi.

"Sekarang mau ngejual tiga ekor aja sehari masih sepi. Biasanya ramenya seminggu sebelum hari H. Mudah-mudahan aja seminggu sebelum H banyak konsumen yang beli," katanya.

Karena masih masa Pandemi Covid-19, lanjut Rahman, pihaknya pun melakukan strategi penjualan hewan kurban via media sosial (medsos).

"Karena masih Covid-19 gini ya, saya juga sekarang jual online via Facebook. Kita cukup untuk mana fotonya, berapa kilogram, dan berapa harganya, deal dan kita tinggal langsung kasih nama sesuai yang diminta," tutur Rahman. (harir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook