Peringatan Buat yang Gak Suka Pake Helm, Pekan Ini Polisi Gelar Operasi Kalimaya Tanpa Razia

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 18 Juli 2020 - 09:39:29 WIB   |  dibaca: 203 kali
Peringatan Buat yang Gak Suka Pake Helm, Pekan Ini Polisi Gelar Operasi Kalimaya Tanpa Razia

SERANG, BANTEN RAYA- Polda Banten dan jajaran akan menggelar Operasi Patuh Kalimaya 2020 yang dilaksanakan pekan depan, mulai Kamis (23/7) hingga (5/8). Namun kali ini, kegiatan itu dilakukan tanpa razia atau mengumpulkan massa di satu titik. 
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan tindakan hukum secara preventif serta mengedepankan tindakan persuasif. 
"Tidak ada razia hanya mengedepankan preventif dan preemtif untuk penindakan yang kasat mata dan tematik saja," katanya kepada Banten Raya, Jumat (17/7). 
Menurut Rudy, fokus lain Operasi Patuh Kalimaya ini yaitu menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) berlalu lintas selama pelaksanaan operasi berlangsung. 
"Orientasi kita mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan saat operasi," ujarnya. 
Rudy menambahkan, meski tidak melakukan razia, tindakan tilang tidak dilarang. Namun tetap harus mengedepankan tindakan humanis dahulu, seperti menargetkan pelanggaran apa yang akan ditindak dan sosialisasikan kepada masyarakat. "Misalnya melawan arus, tidak menggunakan helm," tambahnya. 
Rudy juga mengingatkan agar anggotanya di lapangan untuk menggunakan APD selama Operasi Patuh Kalimata 2020 berlangsung. Yang tak kalah pentingnya adalah menerapkan protokol kesehatan di lapangan. "Begitu juga dengan pengendara, selain melengkapi dokumen kendaraan, ikuti rambu dan jangan lupa pakai masker," jelasnya. 
Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada 15 jenis pelanggaran yang akan ditindak pada Operasi Patuh Kalimaya 2020, sesuai arahan Korlantas Polri yaitu, menggunakan handphone saat berkendara, mengemudikan sepeda motor di atas trotoar, mengemudikan kendaraan bermotor secara melawan arus. Kemudian mengemudikan kendaraan bermotor di jalur busway, mengemudikan kendaraan bermotor di bahu jalan, sepeda motor melintas atau masuk jalan tol, sepeda motor melintas di jalan layang non tol, mengemudikan kendaraan bermotor melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL). 
Selanjutnya, pengemudi yang tidak memberikan prioritas kepada pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan, mengemudikan kendaraan bermotor melebihi batas kecepatan, mengemudikan kendaraan bermotor tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari. 
Mengemudikan kendaraan bermotor yang membiarkan penumpang tidak menggunakan helm, mengemudikan kendaraan bermotor pada perlintasan kereta api yang tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup dan mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan. (darjat/rahmat) 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook