Tes CPNS Wajib Pakai Sarung Tangan, Masker dan Face Shield

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 29 Juli 2020 - 06:39:19 WIB   |  dibaca: 734 kali
Tes CPNS Wajib Pakai Sarung Tangan, Masker dan Face Shield

CILEGON, BANTEN RAYA - Peserta tes seleksi kompetensi bidang (SKB) penerimaan CPNS 2019 Kota Cilegon yang digelar di September atau Oktober mendatang wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker atau pelindung wajah saat pelaksanaan tes.


Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan Kesejahteraan, dan Administrasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Budhi Mustika menjelaskan, mekanisme pelaksanaan tes berdasarkan Surat Edaran (SE) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Pelaksanaan SKB Darurat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Beberapa aturan teknis pelaksanaan sama seperti SKD (seleksi kompetensi dasar), hanya saja ada aturan pemakaian APD yang wajib dipakai yaitu masker, face shield, sarung tangan, pengukuran suhu tubuh, penyediaan cuci tangan, dan disinfeksi ruangan. APD itu juga kita yang menyediakan dari BKPP," kaya Budhi ditemui di Kantor BKPP Kota Cilegon, Selasa (28/7).


Dikatakan Budhi, bagi yang suhu tubuhnya lebih dari 37,3 derajat celcius dilarang masuk dan akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut oleh petugas dinas kesehatan (Dinkes) yang turut bertugas saat pelaksanaan tes SKB CPNS. Kemudian, peserta akan diberi waktu sehari setelah pelaksanaan tes SKB CPNS yang reguler.

"Itupun ruangnya terpisah dan ada pengawasan khusus," terangnya.


Menurut Budhi, peserta tes SKB CPNS 2019 juga diimbau melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu 14 hari sebelum pelaksanaan tes SKB.

"Kita berharap pelaksanaan tes CPNS tidak menjadi penyebaran Covid-19 meski dilaksanakan masih dalam kondisi pandemi," harapnya.

Kata Budhi, dari total 4.500 peserta SKD CPNS yang mendaftar di Kota Cilegob, hanya sebanyak 450 orang yang akan mengikuti tes SKB.

Ia mengimbau kepada para peserta tes SKB untuk terus memantau informasi pelaksanaan tes SKB di instagram resmi BKPP smartASNcilegon. Informasi pun akan disampaikan melalui akun sscn.bkn.go.id masing-masing peserta seleksi SKB CPNS 2019. "Kita juga membuat channel youtube yang akan digunakan untuk pengumuman nilai hasil SKB," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengadaan dan Pemberhentian Pegawai pada BKPP Cilegon Geggoh Tinambunan menjelaskan, sesuai dengan SE BKN, orang tua ataupun kerabat tidak diperkenankan hadir di area tes CPNS. "Hanya peserta tes SKB CPNS yang akan diizinkan masuk area lokasi tes di Hotel Grand Mangku Putera Cilegon. Orang tua gak boleh anter, hasilnya akan live streaming di channel smart ASN Cilegon, sama kayak akun instagram, jadi tidak ada lagi ngumpul untuk melihat hasil nilai di lokasi tes," ujarnya.

Geggoh menambahkan, pelaksanaan tes akan digelar sebanyak tiga sesi. Dalam satu sesi maksimal 150 peserta. Sementara waktu tetap 90 menit dalam setiap sesinya. "Ini karena kita tetap menerapkan jaga jarak sehingga kapasitas ruangan di lokasintes SKB tidak seperti waktu SKD. Biar jaga jarak," tutupnya. (gillang) 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook