Sekolah Didorong Turut Kembangkan Perpustakaan Digital

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 29 Juli 2020 - 18:57:49 WIB   |  dibaca: 415 kali
Sekolah Didorong Turut Kembangkan Perpustakaan Digital

SERANG, BANTEN RAYA - Di masa new normal, perpustakaan sekolah harus tetap memberikan pelayanan agar budaya literasi masih tetap dilakukan di tengah pandemi Covid-19 di Banten. Hal tersebut disampaikan Widia salah seorang pembicara dalam seminar nasional yang digelar oleh Perpustakaan Universitas Banten Jaya (Unbaja).

Menurutnya, dibutuhkan ide kreatif dalam menyiapkan program pelayanan perpustakaan sekolah. Sehingga peserta didik tetap bisa menikmati buku yang disediakan oleh perpustakaan sekolah. Ia menjelaskan, untuk membuat ide kreatif pelayanan perpustakaan sekolah, pengelola perpustakaan sekolah harus paham kondisi saat ini.

"Salah satu yang bisa dilakukan dengan menggalakkan layanan digital perpustakaan," katanya, Rabu (29/7).

Layanan digital, lanjutnya, bisa dilakukan dengan meningkatkan jumlah koleksi e-book, menyediakan buku paket digital dan menyiapkan buku penunjang seperti cerpen dan novel.

Ia menambahkan, layanan digital juga bisa memanfaatkan sosial media yang biasa digunakan oleh peserta didik, seperti Youtube, Facebook dan Instagram.

"Layanan digital yang sudah disediakan oleh perpustakaan sekolah bisa dimanfaatkan oleh guru kelas sebagai sarana dialog interaktif saat pembelajaran daring," imbuhnya.

Perlu diketahui, peserta seminar virtual yang diselenggarakan perpustakaan Unbaja diantaranya adalah pengelola perpustakaan sekolah dari Banten, Jawa Tengah, Kalimatan Timur, pengelola perpustakaan kampus dan Dinas Perpustakaan Provinsi Banten. (Satibi)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook