PT KBS Pastikan DN yang Positif Korona Tak Kontak dengan Karyawan di Pelabuhan Cigading

nurul roudhoh   |   Kesehatan  |   Senin, 03 Agustus 2020 - 08:04:40 WIB   |  dibaca: 241 kali
PT KBS Pastikan DN yang Positif Korona Tak Kontak dengan Karyawan di Pelabuhan Cigading

CILEGON, BANTEN RAYA - Ketua Tim Siaga Covid-19 PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Widi Hartono menyatakan bahwa DN (64), warga Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 pada Jumat (31/7) bukan karyawan PT KBS.

Sehari-hari DN memang bekerja di kawasan PT KBS namun bagian dari pekerja subkontraktor atau vendor.

"Saudara DN merupakan karyawan CV Bumi Persada yang merupakan subkontraktor atau vendor dari PT KBS yang dalam kesehariannya ditempatkan sebagai sopir di area kerja PT KBS di Jakarta sehingga tidak berinteraksi dengan karyawan PT KBS yang berada di Pelabuhan Cigading, Cilegon," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Banten Raya hari ini. 

Widi menjelaskan, berdasarkan informasi yang didapat dari CV Bumi Persada, DN terakhir bekerja pada 13 Juli 2020.

"Jadi pada hari itu (13 Juli) DN kendaraan umum dari Jakarta kembali ke Cilegon sebelum mengalami keluhan pada tanggal 30 Juli 2020 dan melakukan swab test di Rumah Sakit Krakatau Medika, dan pada tanggal 31 Juli 2020 hasil tes tersebut positif Covid-19," jelasnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terpapar, lanjut Widi, pada Sabtu (1/8), PT KBS melakukan tracing dengan melakukan rapid test kepada karyawan PT KBS yang dimungkinkan pernah berinteraksi dengan DN di Jakarta dan hasilnya negatif.

"Kami memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) penerapan protokol kesehatan yang ketat serta panduan kerja di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya larangan bagi ABK kapal asing untuk meninggalkan kapal ketika sandar. Proses penyandaran kapal harus dilengkapi dengan Sertifikat Izin Karantina atau Free Pratique dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang menyatakan ABK kapal dalam keadaan sehat," tuturnya.

Selain itu, SOP lainnya adalah dengan menerapkan kebijakan Work From Home dan Work From Office bagi Karyawan PT KBS serta protokol lainnya yang mengatur pola kerja dan komunikasi bagi karyawan PT KBS terhadap Stakeholder.
"Kami secara rutin melakukan rapid test kepada karyawan yang bekerja atau berdomisili di wilayah teridentifikasi Covid-19. Bagi yang memasuki area PT KBS, karyawan maupun pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan yang memiliki suhu tubuh 38 C atau lebih dilarang memasuki area PT KBS dan dianjurkan ke Dokter. Penyemprotan disinfektan di seluruh area kerja PT KBS pun kami lakukan mulai dari lobi, ruang kerja, ruang rapat hingga masjid. Termasuk juga pemberian vitamin kepada karyawan untuk menjaga imun tubuh tetap baik," katanya. 

Juru Bicara Gugus Tugas Perpecapatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra mengatakan, DN sebelumnya memiliki riwayat bepergian 1 pekan lalu ke pelabuhan Marunda Jakarta, bekerja sebagai sopir di area PT KBS yang ada di Jakarta, sepekan di Cilegon dan sepekan di Jakarta.

"Sebelum dirawat di RSKM Pasien berobat di klinik Sinar Sehat Cigading. Sekarang DN sudah dirujuk ke RSU Banten. DN merupakan sopir PT KBS yang bepergian ke pelaburan Marunda," katanya kepada Banten Raya, Minggu (2/8). (Danang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook