12 Hari Operasi Patuh Kalimaya: 10.558 Pelanggar dan 6 Orang Meninggal di Jalan

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Senin, 03 Agustus 2020 - 14:58:11 WIB   |  dibaca: 423 kali
12 Hari Operasi Patuh Kalimaya: 10.558 Pelanggar dan 6 Orang Meninggal di Jalan

DARJAT NURYADIN / BANTEN RAYA - PENILANGAN - Anggota Polda Banten melakukan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas di Jalan Trip Jamaksari, Kota Serang.

SERANG, BANTEN RAYA - Sebanyak 10.558 pengendara baik roda dua maupun roda empat kedapatan melanggar lalu lintas dan enam orang meninggal di jalan, selama 12 hari pelaksanaan Operasi Patuh Kalimaya 2020 yang digelar di semua wilayah hukum Polda Banten.

Dari data pelanggar tersebut, 4.243 pengendara dikenakan tilang, sedangkan 6.145 pengendara lainnya diberikan teguran simpatik. Polres Tangerang mencatat jumlah pelanggar tertinggi yaitu sebanyak 1.728 pengendara yang di tilang, sedangkan Kota Cilegon terendah dengan 132 pengendara yang ditilang.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo mengatakan, pelanggaran yang paling mendominasi selama operasi yaitu pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm. Sedangkan jenis pelanggaran terbanyak dari pengendara roda empat adalah tidak menggunakan sabuk pengaman.

"Operasi Patuh kali ini prosentase untuk penindakan pelanggaran sebesar 20 persen, sisanya 80 persen adalah upaya preemtif, preventif dan persuasif," katanya kepada Banten Raya, Senin (3/8).

Untuk jumlah kecelakaam, Rudi menjelaskan pihaknya mencatat terdapat 12 kasus kecelakaan lalu lintas, dengan 6 korban meninggal dunia dan 15 orang mengalami luka ringan maupun berat.

"Untuk intensitas kasus sama seperti tahun lalu. Namun korban meninggal dunia meningkat dari 2 orang menjadi 6 orang," jelasnya.

Rudi menegaskan, Operasi Patuh Kalimaya 2020 ini akan terus dilaksanakan hingga 5 Agustus memdatang. Bagi pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan siap-siap untuk di tilang.

“Jika pelanggaran sudah berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal baru dilakukan penindakan sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan," tegasnya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook