Pasien Positif Korona Sisa 4, Kota Serang Menuju Zona Hijau

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 03 Agustus 2020 - 20:38:14 WIB   |  dibaca: 338 kali
Pasien Positif Korona Sisa 4, Kota Serang Menuju Zona Hijau

SERANG, BANTEN RAYA - Pemerintah Kota Serang optimis bisa jadi zona hijau bila melihat tren kasus Covid-19 selama ini. Pasalnya meski ada penambahan kasus positif korona namun tidak ada penularan transmisi lokal kembali.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal mengatakan, sampai dengan kemarin kasus positif korona di Kota Serang mencapai 37 kasus, 4 di antaranya meninggal dunia sementara yang dirawat hanya tinggal 4 orang. Sisanya 29 pasien sembuh dari virus Covid-19.

Kota Serang sempat berstatus sebagai zona orange karena terjadi transmisi lokal khususnya karena ada penularan dari cluster PT Pemi. Setelah itu tidak ada lagi transmisi lokal sehingga zona Kota Serang saat ini berubah menjadi kuning. Dengan situasi semacam ini ia optimis Kota Serang bisa masuk ke zona hijau.
"Ini artinya dari kuning menuju ke hijau," ujar Ikbal, Senin (3/8).

Ikbal menuturkan dari beberapa kasus positif ketika dilakukan tracking mayoritas pernah melakukan perjalanan atau kontak dengan orang yang berasal dari daerah di luar kota Serang seperti Sulawesi, Semarang, dan Cilegon.

Meski demikian untuk bisa masuk ke zona hijau diperlukan peran serta dari masyarakat luas dan stakeholder untuk menaati anjuran yang disampaikan oleh Walikota Serang Syafrudin selama masa menuju normal. Bila tidak sulit untuk Kota Serang beranjak dari zona kuning menuju ke zona hijau.
"Silakan bekerja asal menaati protokol kesehatan. Silakan menggelar pesta pernikahan asal mengikuti protokol kesehatan," kata Ikbal.

Sayangnya, kata Ikbal, masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan ketika berada di ruang publik. Dia sendiri mengaku tidak mengetahui apakah itu terjadi karena sekarang masyarakat sudah tidak lagi takut akan virus korona atau karena masyarakat sudah bosan dengan adanya virus ini. (tohir) 
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook