Gugat Putusan KPU Cilegon, Joni Persoalkan Server yang "Hang"

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 03 Agustus 2020 - 20:42:21 WIB   |  dibaca: 284 kali
Gugat Putusan KPU Cilegon, Joni Persoalkan Server yang "Hang"

MENYERAHKAN GUGATAN : Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Perseorangan Malim Hander Joni melakukan gugatan di kantor Bawaslu Kota Cilegon atas putusan KPU soal dukungan perbaikan bapaslon perseorangan, Senin (3/8).

CILEGON, BANTEN RAYA – Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) jalur Perseorangan Malim Hander Joni – Hawasi Syabrawi melayangkan gugatan atas putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon yang menolak berkas perbaikan dukungannya, Senin (3/8). 

Joni bersama tim pemenangan mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon di Jalan Pangeran Jayakarta, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang sekitar pukul 17.00. 

Joni melaporkan gugatan kepada bawaslu salah satunya karena Sistem Aplikasi Pencalonan (Silon) mengalami gangguan atau hang saat timnya akan melakukan print out hard copy formulir B.1.1 KWK, yang menjadi salah satu syarat dalam perbaikan dukungannya.

Menurut Joni, pihaknya sudah melengkapi data dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan formulir dukungan melebihi angka yang ada syarat minimal, yaitu sebanyak 35.498 dari kekurangan sebanyak 35.324 dukungan yang merupakan material inti dari dukungan. Namun, kata Joni, saat hendak dilakukan cetak B.1.1 KWK Silon mengalami gangguan, sehingga berkas formulir yang diminta belum sempat dilakukan cetak. 

“Suara yang dikehendaki sudah melebihi dan itu material inti sudah, yang kami ingin pengertiannya adalah kalau kita itu masalah formulir, masalah itu sudah menunjukkan upaya dalam waktu singkat sudah cukup hebat. Saat hendak menge-print, hang sistem pukul 23.00 dan kami sudah upaya ke warnet (warung internet) tapi sama saja. Ini (formulir B.1.1 KWK) bukan meterial inti, kami minta dipertimbangkan, dan ini masalah sistem,” katanya kepada wartawan.

Joni menyampaikan, pihaknya sudah menyertakan bukti-bukti foto dan tngkapan layaar atau sceenshoot jika Silon hang atau gangguan. Bahkan, foto kami mengupayakan untuk mencetak di luar juga sudah disertakan. Kami harap ini menjadi pertimbangan, terlebih soal formulir tersebut sebenarnya sudah ada di sistem, hanya fisiknya saja yang tidak ada. 

“Bukti kita ke warnet, screenshoot jika itu error, dan itu kami sudah upaya. Soal formulir itu ada di sistem tinggal dicek saja jika tidak ada cetakannya, kecuali kami kurang dukungan syarat (perbaikan),” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Hukum KPU Kota Cilegon Sehabudin menjelaskan, pihaknya nanti akan melihat apa materi gugatan yang disampaikan. Sebab, secara prinsip soal tahapan dan proses sudah sesuai dengan aturan. Hal tersebut juga disaksikan langsung oleh Bawaslu Kota Cilegon. 

“Semua sudah menyaksikan, termasuk juga bawaslu ada. Kami sudah mengambil keputusan sesuai dengan aturan,” singkatnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook