Muswil PAN Banten Diundur Entah Sampai Kapan 

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 03 Agustus 2020 - 21:31:51 WIB   |  dibaca: 149 kali
Muswil PAN Banten Diundur Entah Sampai Kapan 

SERANG, BANTEN RAYA- Pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) VI PAN Banten diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Sebab, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang matahari itu belum juga memberikan jawaban atas usulan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Banten terkait pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sekretaris DPW PAN Provinsi Banten Maryani AK mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi wilayah (rakorwil) DPW untuk pelaksanaan muswil disepakati digelar pada 25 Juli lalu. Usulan jadwal pelaksanaan telah diajukan, namun DPP belum juga memberikan jawabannya.
  
"Sudah diajukan ke DPP. Mengingat DPP juga sudah ada dari DPW lain yang mengajukan, jadi usulan yang diajukan DPW Banten pelaksanaan muswilnya dimundurkan sampai nanti ada ketetapan dari DPP," ujarnya saat dihubungi Banten Raya, Senin (3/8).

Ia menuturkan, sejauh ini seluruh persiapan muswil sudah rampung. Tahapan pendaftaran calon ketua DPW juga sudah selesai mulai dari pengambilan hingga pengembalian berkas. 

"Tahapan sudah semua, artinya prosesnya ada pembukaan pendaftaran kemudian sudah pengembalian berkas. Yang daftar dan mengembalikan berkas itu ada tujuh," katanya. 

Sementara untuk tempat pelaksaaan, kata dia, pihaknya memusatkannya di Sekretariat DPW PAN Provinsi Banten. Lantaran saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka agenda tersebut akan digelar secara virtual. 

"Pelaksanaan itu dilaksanakan di DPW. Peserta dari DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dan DPP itu dilaksanakan di DPD masing-masing kabupaten/kota. Jadi virtual dan dipusatkan di DPW," ungkapnya. 


Dijelaskan Maryani, adapun metode pemilihan ketua pada muswil akan menganut sistem yang dilakukan pada kegiatan yang sama pada 2015 lalu yaitu berupa formatur. Nama-nama yang mendaftar akan diserahkan ke DPP dan selanjutnya akan dikerucutkan menjadi empat.

"Nanti pada tahapan muswil dari nama-nama yang diajukan DPW ke DPP akan nanti diputuskan. Disetujui itu empat formatur tapi kan bisa juga yang disetujui satu, dua atau tiga formatur," tuturnya. 

Dari nama-nama yang ditunjuk secara formatur akan melakukan musyawarah dan menyepakati siapa yang akan ditunjuk sebagai ketua. Nama yang ditunjuk itu yang secara otomatis akan menduduki kursi ketua DPW PAN Banten selama lima tahun ke depan.

"Ketua formatur secara otomatis menjadi ketua DPW. Seandainya tidak ada kemufakatan maka dikembalikan ke DPP. DPP yang akan memutuskan siapa yang ditetapkan menjadi ketua formatur atau DPW," tegasnya. 


Ketua DPW PAN Provinsi Banten Masrori mengatakan, secara umum persiapan Muswil VI PAN Banten telah rampung. Terdapat tujuh nama yang telah mendaftarkan diri dan mengembalikan berkas untuk masuk bursa pencalonan ketua. "Ada tujuh nama," katanya.

Mantan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang itu menuturkan, adapun tujuh nama yang mendaftarkan diri terdiri atas Ketua Fraksi PAN DPRD Banten Dede Rohana Putra, Ketua DPD Kota Serang Erwin Muhlisin, Anggota DPRD Kota Cilegon Edison Sitorus, Sekretaris DPW PAN Banten Maryani AK, Walikota Serang Syafrudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Pandeglang Hadi Mawardi dan dirinya sendiri.

Disinggung terkait dirinya yang maju kembali dalam bursa calon ketua, Masrori mengaku karena dirinya memiliki tanggung jawab sebagai kader. Dirinya bertekad untuk lebih memajukan PAN Banten. “Insya Allah kita lanjutan, kita siap. Saya kembalikan ke DPP saja. Kewajiban saya sebagai kader ya niat untuk memajukan partai PAN ke depan. Maju lagi itu untuk lebih baik lagi,” tuturnya. (dewa)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook